Jokowi Imbau Masyarakat Gunakan Kendaraan Listrik

user
ivan 16 Januari 2018, 21:22 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Presiden Joko Widodo mengimbau kepada seluruh pihak untuk meningkatkan penggunaan kendaraan listrik demi mengurangi emisi gas buang di jalan raya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyampaikan, Kepala Negara mendorong agar masyarakat menggunakan kendaraan listrik lebih banyak lagi. Saat ini, kendaraan listrik, seperti motor dan mobil listrik sudah mulai banyak diproduksi.

Ia menyebutkan, beberapa produsen sudah gencar berproduksi, seperti merek Viar yang saat ini sudah berjalan produksinya dan Gesits yang enam bulan ke depan sudah mulai produksi.

"Sekarang Kami lihat sepeda motor listrik ini penting karena penjualan sepeda motor mencapai delapan juta unit setahunnya. Kalau bisa ini didorong makin baik (penggunaan sepeda motor listrik)," terang Jonan.

Jonan meminta Kementerian Keuangan untuk menerapkan insentif fiskal berupa pembebasan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPNBM) bagi kendaraan listrik, khususnya mobil listrik. Tak hanya pajak, Jonan juga meminta adanya pemberian insentif bebas bea masuk bagi kendaraan listrik. (*)

Kredit

Bagikan