Korsel dan Korut Sepakat Redakan Ketegangan

user
ivan 11 Januari 2018, 05:48 WIB
untitled

KORSEL, KRJOGJA.com - Korea Selatan dan Korea Utara sepakat untuk meredakan ketegangan dan membuka kembali dialog antar-militer. Hal tersebut tercapai seusai pertemuan langsung untuk pertama kalinya selama dua tahun terakhir di Desa Panmunjom, wilayah zona demilitarisasi (DMZ), pada Selasa (09/01/2017).

Dalam pertemuan bersejarah itu, Seoul dan Pyongyang setuju meredakan ketegangan militer yang sempat memanas sepanjang 2017 lalu. "Korea Utara dan Selatan memutuskan untuk bersama-sama mengupayakan rekonsiliasi dan menyatukan warga dengan menciptakan perdamaian dan meredakan ketegangan militer di Semenanjung Korea," bunyi pernyataan bersama tersebut.

Meski begitu, kedua belah pihak belum membeberkan kapan rencana dialog militer tersebut akan digelar. Pada pertemuan, Seoul juga mengangkat upaya reuni keluarga yang terpisah akibat Perang Korea 1950. Perang lalu yang secara teknis belum berakhir lantaran terhenti berkat gencatan senjata, bukan kesepakatan damai.

Korut juga mengatakan akan mengirimkan atlet, pemandu sorak, kelompok kesenian, dan kelompok seni bela diri taekwondo untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korsel, 9-25 Februari mendatang.

Pertemuan dan berbagai kesepakatan  yang dihasilkan itu mewujudkan pernyataan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un dalam pidatonya di awal tahun baru lalu. Di mana Kim menyatakan niat ingin memperbaiki relasi dengan tetangganya di selatan tersebut. (*)

Kredit

Bagikan

BERITA TERKAIT