Kim Jong-un 'Ancam' AS dengan Rudal Nuklir

user
tomi 02 Januari 2018, 12:25 WIB
untitled


SEOUL, KRJOGJA.com – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un kembali memperingatkan Amerika Serikat (AS) bahwa dia memiliki “tombol peluncur nuklir” di mejanya untuk digunakan jika negara terisolasi itu terancam.

Dalam pidato Tahun barunya, Jong-un kembali menegaskan bahwa saat ini seluruh wilayah AS telah masuk dalam jangkauan rudal dan serangan nuklir Korut.

“Seluruh wilayah AS berada dalam jangkauan serangan nuklir kami dan sebuah tombol nuklir selalu berada di atas meja kantor saya dan ini adalah kenyataan, bukan ancaman,” kata Jong-un dalam pidato Tahun Baru yang disiarkan televisi sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (2/1/2018).

Sepanjang 2017, Korut terlibat perang retorika dan ancaman dengan AS yang meningkatkan ketegangan di wilayah Semenanjung Korea. Pyongyang menggelar sejumlah uji coba rudal balistik yang ditujukan untuk menjangkau wilayah AS dan Washington berusaha menekan Korut untuk menghentikan program persenjataan mereka.

Setelah uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) pada November 2017, Kim mengklaim tujuan tersebut telah tercapai dan mengklaim rudal Korut mampu menjangkau seluruh wilayah AS.

Pada pidato Tahun Barunya, Pemimpin Korut itu mengatakan bahwa fokus Pyongyang di 2018 adalah untuk memproduksi massal hulu ledak nuklir dan rudal balistik untuk peluncuran operasional. Langkah itu, menurut Kim tidak dapat dibatalkan dengan kekuatan apapun dan membuat keinginan AS untuk memulai perang dengan Korut menjadi mustahil. (*)

Kredit

Bagikan