Amerika Buka Pendaftaran Tentara LGBT

user
ivan 01 Januari 2018, 22:52 WIB
untitled

AMERIKA, KRJOGJA.com - Untuk pertama kalinya, kaum transgender bisa mendaftar ke institusi militer Amerika Serikat mulai awal Januari, sesuai dengan keputusan pengadilan federal. Sebelumnya pekan lalu, dua pengadilan federal--Washington dan Virginia-menolak permintaan pemerintahan Presiden Donald Trump untuk menunda keputusan hakim yang mewajibkan militer mulai merekrut transgender pada 1 Januari mendatang.

"Departemen Pertahanan mengumumkan akan mengeluarkan studi independen soal isu ini dalam beberapa pekan ke depan. Jadi alih-alih mengajukan tuntutan banding sebelum hal itu terjadi, pemerintah memutuskan menunggu studi dari Departemen Pertahanan dan sementara itu akan terus mempertahankan otoritas presiden di pengadilan distrik," kata seorang sumber resmi.

September lalu, Pentagon mengatakan sudah membentuk panel yang terdiri dari sejumlah pejabat senior guna mempelajari perintah Trump untuk melarang kaum transgender masuk militer. Departemen Pertahanan punya waktu hingga 21 Februari untuk mengajukan rencana program kepada Trump.

Juli lalu, demi memuaskan tuntutan dari pendukung konservatifnya, Trump mengatakan ia akan melarang transgender masuk militer, yang berarti akan membatalkan kebijakan yang sudah disetujui oleh pendahulunya, Barack Obama.

Pada 8 Desember lalu, Pentagon akhirnya mengeluarkan pedoman untuk perekrutan transgender pada 1 Januari mendatang. Di dalamnya, termasuk syarat medis, sekaligus detil soal bagaimana identifikasi seksual pendaftar dan pakaian apa yang ingin mereka gunakan nantinya. (*)

Kredit

Bagikan