Di Rusia, Sultan HB X Kunjungi Pulau yang Banyak Rumah Kuno

user
agung 31 Juli 2019, 01:30 WIB
untitled

RUSIA, KRJOGJA.com -  Dalam rangkaian kunjungan ke kota Kazan, Republik Tatarstan, Rusia, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengunjungi Sviyazhsk Island, pulau yang mendapat dukungan Unesco untuk dilestarikan.

Di dalam pulau itu terdapat banyak bangunan bersejarah, benteng, rumah kuno dan beberapa biara, yang sebagian diantaranya masih aktif dipakai.  Salah satu bangunan yang dilestarikan dengan dukungan Unesco adalah gereja St Nicholas, yang dibangun tahun 1955-1956.

Gereja tersebut dibangun oleh tim dari white-stone carvers dari Pskov yang dipimpin oleh Ivan Shyryay dan arsitek Postnik Yakov yang dijuluki Barma. Juga ada bangunan gedung Brerhren, yang terdiri dari beberapa paviliun pada era pertengahan abad XVII hingga XVIII.

Baca Juga : 

Pelajari Pelestarian Heritage, Sultan HB X Kunjungi Tatarstan

Sri Sultan melihat cara pemerintah Tatarstan, khususnya Pemda Kazan dalam menjaga bangunan bersejarah dan mengembangkan untuk kebudayaan dan objek wisata layak ditiru. Apalagi Yogyakarta punya banyak bangunan yang potensial untuk dikembangkan, dan dilestarikan. Seperti misalnya Sumbu imajiner, juga Tamansari, dll.

Pemda DIY tengah mengembangkan potensi kawasan khusus heritage dan museum kuno. Untuk itulah kunjungan studi banding ke Kazan ini sangat penting. (Rsv)

Kredit

Bagikan