Siap-siap! Lowongan CPNS Dibuka Lagi Akhir Tahun 2019

user
agus 26 Januari 2019, 11:22 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Pemerintah berencana membuka kembali lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2019. Namun lowongan tersebut dibuka selesai Pemilu, dan bukan pada saat menjelang dan bersamaan Pemilu.

Demikian dikemukakan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Mudzakir kepada KR

, Jumat (25/1) di Jakarta. Dari waktu yang tersedia, besar kemungkinan pembukaan lowongan CPNS dilakukan  pada akhir tahun 2019.

Meski demikian, Mudzakir berharap agar proses seleksi CPNS 2019 dapat terlaksana sesuai dengan pernyataan Menpan Syafruddin yang menyebut rekrutmen bisa dilakukan pada Juni 2019 ini. "Diharapkan bulan Juni bisa dilaksanakan seperti yang disampaikan oleh MenPAN-RB," katanya.

Mengenai informasi  membuka seleksi CPNS pada Maret 2019, Mudzakir menjelaskan, seleksi tersebut  untuk daerah yang sempat tertunda karena bencana."Rencananya, pelaksanaan Seleksi CPNS untuk di daerah tertunda akan dilaksanakan pada Maret 2019," kata Mudzakir .

Terdapat 48 instansi daerah yang pelaksanaan seleksi CPNS 2018-nya mengalami penundaan. Penundaan itu dikarenakan bencana alam serta kendala teknis seperti jaringan internet.

"Instansi dimaksud antara lain pemerintah daerah di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat, Provinsi Sulawesi Tengah, Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, serta Kabupaten Parigi Moutong," kata Mudzakir.

Artinya, tidak ada pembukaan lowongan CPNS baru pada Maret 2019. Hal ini sekaligus mengklarifikasi pernyataan MenPAN-RB Syafruddin yang sebelumnya menyebut akan ada pembukaan 100.000 formasi CPNS di Maret 2019. Dalam kesempatan terpisah  Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, pemerintah tak akan membuka lowongan CPNS menjelang Pilpres. "Prinsipnya kita nggak akan ada ramai-ramai menjelang Pilpres. Nanti mengganggu dan bisa disalahartikan oleh siapa pun," kata Ridwan. (Ati)

Kredit

Bagikan