Korsel Ingin Lebih Sering Bertemu Korut

user
ivan 29 Mei 2018, 15:35 WIB
untitled

KORUT, KRJOGJA.com - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan pihaknya menginginkan lebih banyak pertemuan mendadak dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Sementara itu, para pejabat Amerika Serikat tengah mempersiapkan tatap muka bersejarah antara Kim dan Presiden Donald Trump.

Moon dan Kim menggelar pertemuan mendadak pada akhir pekan lalu di desa Panmunjom, wilayah perbatasan kedua negara. Di sana, mereka sepakat dialog Korut dan AS mesti terlaksana.

"Yang paling penting dari pertemuan tingkat tinggi antar-Korea terakhir pemimpin kedua negara bisa dengan mudah berhubungan, dengan mudah membuat janji dan dengan mudah membahas masalah penting tanpa prosedur dan formalitas rumit, hanya seperti pertemuan santai," kata Moon.

Pekan lalu Trump sempat membatalkan pertemuan dengan Kim yang rencananya digelar pada 12 Juni di Singapura. Namun, setelahnya dia mempertimbangkan kembali keputusan itu dan pejabat kedua negara tengah membahas detailnya.

Pada Minggu, para pejabat dari Kementerian Luar Negeri AS dan Korea Utara sempat bertemu di Panmunjom. “Tim pendahulu dari AS juga pergi ke Singapura untuk bertemu dengan pihak Korut di sana,” kata Gedung Putih. (*)

Kredit

Bagikan

BERITA TERKAIT