Serangan di Afghanistan Tewaskan Sembilan Wartawan

user
ivan 01 Mei 2018, 09:59 WIB
untitled

AFGHANISTAN, KRJOGJA.com - Serangkaian serangan di Kabul, Afganistan, telah menewaskan sembilan wartawan dan tiga puluh orang lainnya. Penembakan dan meledaknya dua bom berturutan dan menewaskan 9 wartawan dan 30 warga.

Ledakan pertama terjadi pada 8 pagi waktu setempat di wilayah Shashdarak. Tempat ini dekat dengan kedutaan besar Amerika Serikat dan kantor pemerintahan Afganistan. Peristiwa itu memancing para wartawan untuk mendekat ke lokasi kejadian.

Bom kedua meledak tak jauh dari lokasi bom pertama terjadi. Bom kedua ini meledak setelah wartawan berkumpul di tempat kejadian. Bom ini merupakan bom bunuh diri yang dilakukan oleh seseorang yang menyamar sebagai kamerawan televisi, seperti disebutkan juru bicara Kepolisiak Kabul, Hashmat Stanikzai.

Ledakan bom ini menewaskan delapan wartawan, seorang diantaranya wartawan perempuan dan wartawan AFP (Agence France Presse). Kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS mengaku sebagai yang bertanggung jawab atas peristiwa ini.

Sementara itu di tempat terpisah, wartawan BBC Afganistan, Ahmad Shah, dilaporkan ditembak oleh penembak tak dikenal. Penembakan terjadi di provinsi Khost. Penembakan ini terjadi saat Shah tengah berjalan ke rumahnya, seperti disebutkan Komite Keselamatan Jurnalis. (*)

Kredit

Bagikan