Bintan Sudah Siapkan Even Lebaran

user
tomi 21 Juni 2016, 14:08 WIB
untitled

BINTAN (KRjogja.com) - Dinas Pariwisata Bintan bersama Kementerian Pariwisata menyiapkan 7 even selama H-7 sampai H+3 Lebaran. Agenda tahunan ini guna menjaring wisatawan asing sekaligus mancanegara ini.

"Silakan ikut meramaikan di Bintan! Menonton juga boleh, event seperti ini hanya setahun sekali," jelas Arief Yahya, peraih Maketeer of The Year 2013 oleh MarkPlus itu.

Menpar menjelaskan bagi anak sekolah yang sedang libur kegiatan ini sangat bermakna. Siswa bisa mempelajari adat istiadat dan tradisi lokal, agar bisa memahami keberagaman dan saling toleransi antarumat. "Seperti pawai obor, itu di kota-kota besar sudah tidak musim, hampir punah, tapi di daerah-daerah menabuh genderang di jalan raya sambil membawa obir minyak tahan itu sensasi yang seru," kata Arief Yahya.

Menurut Menpar sesuatu yang sangat menghibur itu tidak harus berbayar mahal. Tapi tetap memiliki experiences yang mendalam dan mengasyikkan. Agenda pariwisata ini diantaranya Festival Lampu Cangkok, yang diadakan untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan dan melestarikan tradisi melayu.

"Keunikan dari festival ini yaitu dari kreasi  ornamen lampunya yang diperlombakan sehingga masing masing kecamatan memiliki kreasi tersendiri. Kegiatan selanjutnya adalah pawai obor dan takbiran keliling."

Menpar menambahkan agenda lain adalah Bekarang, yaitu kebiasaan masyarakat untuk mencari kerang-kerangan pada saat air surut. Sebagai daerah bahari, pulau Bintan diberkahi oleh kekayaan biota laut yang sangat digemari oleh masyarakat untuk dikonsumsi. "Sebut saja gong gong, rangak, remis, kerang bulu dsb itu bisa didapatkan dengan cara bekarang." (*) 

Kredit

Bagikan