Belasan Anggota Geng Qizruh Diamankan

user
ivan 21 Juni 2016, 13:07 WIB
untitled

YOGYA (KRjogja.com) - Belasan pemuda ditangkap petugas karena terlibat penodongan terhadap warga di kawasan Sagan, Gondokusuman, Yogyakarta, Senin (20/06/2016) malam. Gerombolan pemuda yang menamai dirinya sebagai Geng Qizruh ini dikenal sering berbuat onar serta melakukan tindakan kejahatan dan selalu melengkapi diri dengan senjata tajam. Seorang anggota geng ini bahkan merupakan buron Kepolisian dalam kasus pembacokan terhadap prajurit Kodim 0734 Yogyakarta, Sertu Sriyono yang terjadi pada tahun 2013 silam.

Penggerebekan ini bermula saat Polisi mendapat informasi telah terjadi penodongan terhadap dua orang warga masing-masing Rindra Mulya Putra (29) warga Mantrijeron Yogyakarta dan Rian Oktaviano (23)warga Kotagede Yogyakarta yang dilakukan Sig (31) warga Minggir Sleman di kawasan Gondokusuman Yogyakarta. Petugas kemudian memburu pelaku dan akhirnya berhasil menemukannya di kawasan Sagan.

Saat itu Polisi tak langsung menangkapnya namun membututi hingga masuk ke dalam perkampungan. Pelaku kemudian berhenti di suatu tempat dimana di sana telah berkumpul belasan pemuda yang tenah nongkrong.

Saat itulah petugas segera melakukan penyergapan dan menangkap tersangka. Polisi juga melakukan penggeledahan terhadap gerombolan pemuda yang nongkrong di tempat itu dan berhasil menemukan 1 bilah pedang dan 3 bilah belati.

“Berawal dari salah satu anggota kelompok terlibat tindak kejahatan, lalu kami ikuti dan berhasil menangkap gerombolan tersebut. Beberapa orang diantaranya pernah terlibat tindak kejahatan lain sebelumnya,” ungkap Kapolsekta Gondokusuman, AKP Eko Basunando didampingi Kasi Humas Polsekta Gondokusuman, Aiptu Aris di ruang kerjanya, Selasa (21/06/2016).

Sebanyak 15 anggota Geng Qizruh yang diamankan masing-masing Sig (31) dan Jul (31) keduanya warga Minggir Sleman, Dwi (21), Ary (24), Eko (31), Nur (31) keempatnya warga Gondokusuman Yogyakarta, Rud (20) warga Samigaluh Kulonprogo, Tri (22) warga Girimulyo Kulonprogo, Puj (30) warga Gamping Sleman, Dan (18) warga Mantrijeron Yogyakarta, Dod (22) warga Banguntapan Bantul, Her (26) warga Jetis Bantul, Sul (26) dan Man (25) keduanya warga Sewon Bantul serta seorang wanita Ris (20) warga Minggir Sleman. Selain menyita 4 bilah senjata tajam petugas juga mengamankan 10 unit sepeda motor milik gerombolan tersebut.

“Para anggota kelompok berikut barang bukti diamankan di Mapolresta Yogyakarta. Untuk pengembangan lebih lanjut kasusnya ditangani Satreskrim Polresta Yogyakarta,” jelasnya.

Diketahui, dua anggota Geng Qizruh masing-masing Sul dan Man juga terlibat kasus pembacokan terhadap prajurit Kodim 0734, Sertu Sriyono pada 2013 silam. Sul telah menjalani persidangan dan melaksanakan hukuman kurungan penjara, sedangkan Man usai kejadian tiga tahun lalu masuk dalam daftar buron dan baru berhasil ditangkap malam tadi. (Van)

Kredit

Bagikan