Kemenpar Siapkan 'Pesona Lebaran Jakarta'

user
tomi 20 Juni 2016, 16:42 WIB
untitled

JAKARTA (KRjogja.com) - Bagi warga Jakarta yang tidak bisa mudik ke kampung halaman tidak perlu risau, karena ibukota negara RI ini memeliki destinasi yang asyik dinikmati bersama keluarga.

"Yang pasti, kekuatan Jakarta adalah wisata belanja dan kuliner! Shopping dan culinary, yang ramai di Jakarta adalah mal dan pusat niaga. Mal adalah salah satu kekuatan pariwisata Kota Jakarta, sebagai Kota Belanja," kata Menpar Arief Yahya  menyebut libur mudik 'Pesona LebaranJakarta".

Menpar menjelaskan masyarakat bisa jalan-jalan ke Grand Indonesia, Ritz Carlton, Plasa Senayan, Senayan City, Kota Cassablanca (Kokas), Gandaria City, Pondok Indah Mall (PIM), Kelapa Gading, Summarecon termasuk café-café seperti Citos, Ciwalk, dan banyak lokasi lainnya.


Kepala Dinas DKI Jakarta Catur Laswanto menjelaskan arus lalu lintas di jalan raya dipastikan lanca dan hanya jalur mall yang sibuk. Ada pun destinasi wisata di Jakarta  antara lain adalah Monumen Nasional (Tugu Monas), Kepulauan Seribu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ancol Dreamland, Kebun Binatang Ragunan, Dufan (Dunia Fantasi), Kidzania Jakarta, Wisata Mall, Masjid Istiqlal, dan  Kota Tua Jakarta

Monas adalah tempat wisata di Jakarta yang paling populer, sekaligus salah satu kebanggaan Republik Indonesia. Monumen yang diarsiteki oleh Friedrich Silaban dan R.M. Soedarsono ini terbuka untuk umum setiap hari sejak jam 8 pagi hingga 3 sore, kecuali pada Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.

Kepulauan Seribu, salah satu obyek wisata di Jakarta yang terdiri dari beberapa pulau kecil ini adalah spot menarik dari antara tempat wisata lain yang masuk propinsi DKI Jakarta.  "Cakupan Kepulauan Seribu antara lain Pulau Harapan, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan puluhan pulau lain. Sebagian besar di antaranya menawarkan suasana santai jika dikunjungi bersama keluarga."

 

Selanjutnya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tak hanya populer bagi warga Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah atau TMII adalah pula destinasi populer bagi pengunjung dari luar Jakarta yang ingin berwisata di Jakarta.  Kemudian Ancol Dreamland. Sempat populer dengan nama Taman Impian Jaya Ancol, destinasi wisata yang satu ini kini lebih familiar disebut Ancol Dreamland.

"Boleh jadi Ancol Dreamland adalah icon wisata di Jakarta mengingat dalam setiap harinya, destinasi ini tak pernah sepi dari pengunjung baik domestik maupun mancanegara. Kebun Binatang Ragunan yang berdiri sejak 1864 ini pada mulanya dikelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia." (*)

Kredit

Bagikan