Seluruh Rumah Warga di Maharashtra Tanpa Pintu

user
ivan 20 Juni 2016, 04:42 WIB
untitled

MAHARASHTRA (KRjogja.com) - Seluruh rumah warga di kampung Shani Shingnapur di negara bagian Maharashtra India dibangun dengan tak memiliki pintu. Rumah warga sengaja dibiarkan terbuka karena penduduk percaya Dewa Shani atau Dewa Saturnus akan melindungi desa mereka.

Berdasarkan legenda 300 tahun lalu, setelah hujan lebat dan banjir sebuah lempeng batu hitam yang besar ditemukan di tepi Sungai Panasnala yang dulu melintasi desa. Ketika warga menyentuh batu seukuran 1,5 meter itu dengan tongkat, darah kemudian mengucur dari batu itu.

Tengah malam, Dewa Shani datang ke dalam mimpi penduduk desa, mengatakan lempeng batu itu adalah pujaannya. Dewa kemudian memerintahkan agar lempeng batu disimpan dan di lempeng itulah dia akan tinggal.

Namun Shani meminta satu syarat, batu dan kesaktiannya tidak boleh ditutup karena dia harus bisa mengamati desa tanpa halangan. Shani kemudian memberkati para pemuka desa dan berjanji untuk melindungi warga kampung dari bahaya.

Setelah warga menempatkan lempeng batu di sebuah lantai tak beratap di tengah desa, mereka memutuskan untuk melepas pintu dan kunci. Mereka tidak membutuhkannya lagi, karena Dewa Shani akan melindungi mereka.

Penduduk biasanya menaruh potongan papan kayu di pintu agar anjing jalanan tidak masuk ke dalam rumah namun tidak ada pintu dan mereka meninggalkan perhiasan maupun uang begitu saja, dengan keyakinan bahwa pelindung suci mereka akan menjaganya. (*)

Kredit

Bagikan