Uang Palsu Beredar di Pasar

user
ivan 16 Juni 2016, 14:56 WIB
untitled

KARANGANYAR (KRjogja.com) - Pelaku peredaran uang palsu (upal) beraksi di pasar tradisional wilayah Karanganyar. Kenaikan drastis transaksi jual beli dan minimnya pengetahuan pelaku pasar memudahkan pelaku melancarkan praktik ilegal tersebut.

Hal itu diungkap tim patroli yang dipimpin Kasat Binmas Polres Karanganyar, AKP Sutami di Pasar Jungke, Karanganyar, Kamis (16/06/2016). Satu lembar uang kertas nominal Rp 50 ribu milik pedagang dipastikannya palsu. Uang kertas itu palsu hanya terasa saat diraba karena secara kasat mata sangat mirip dengan aslinya.

Kasat Binmas mengatakan, pemilik kios baru menyadari uang palsu tersebut setelah beberapa lama menyimpannya. “Menjelang lebaran, perputaran uang semakin meningkat. Terutama di pasar tradisional. Ternyata indikasi peredaran uang palsu terbukti,” katanya.

Uang palsu pecahan Rp 50 ribu ini kemudian diminta aparat untuk diproses lebih lanjut. Sayangnya, pemilik kios tidak mengingat sosok pemberi uang palsu dan juga tidak berinisiatif melapor ke polisi.

Ia mengimbau pedagang memiliki alat deteksi uang supaya tidak tertipu. Pedagang juga disarankan melapor ke petugas keamanan saat mendapati uang palsu serta pelaku peredarannya. (M-8)

Kredit

Bagikan