Terawan Tegaskan Metode ‘Cuci Otak’ Sudah Teruji

user
ivan 05 April 2018, 06:55 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Mayor Jenderal Dr. dr. Terawan Agus Putranto buka suara terkait kabar pemecatan selama 12 bulan dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Menurutnya metode pengobatannya buat mengatasi penyumbatan pembuluh darah di otak sudah teruji dan tidak perlu diragukan.

Dokter Terawan mengklaim metode terapinya telah teruji secara ilmiah, yakni melalui disertasi yang dibuat saat meraih gelar doktor dari Universitas Hasanuddin. "Jadi kalau itu diuji secara ilmiah sudah dilakukan melalui disertasi, dan disertasi sebuah universitas yang cukup terpandang menurut saya adalah hal yang harus dihargai," kata Terawan.

Hanya saja dr. Terawan enggan menanggapi polemik itu karena sampai saat ini belum menerima surat sanksi dari Majelis Kehormatan Etik Kedokteran IDI. "Saya tidak menanggapi itu karena saya tidak dapat suratnya. Saya harus dapat suratnya baru bisa mengomentari," kata dr. Terawan.

Menurut Terawan, disertasi itu dilakukan bersama lima orang lainnya. Kemudian hasil riset itu pun telah dimuat di 12 jurnal internasional. Kendati demikian, Terawan tak menampik potensi resiko kegagalan. Maka dari itu dia melakukan penelitian tersebut secara cermat dan rinci. (*)

Kredit

Bagikan