Putra Mahkota Saudi Bela Israel

user
ivan 03 April 2018, 09:34 WIB
untitled

ARAB, KRJOGJA.com - Putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, mengatakan bahwa Israel berhak hidup dengan damai di tanahnya sendiri, memperkuat indikasi penguatan hubungan di balik layar kedua negara. Pernyataan ini diucapkan saat menanggapi pemimpin redaksi majalah The Atlantic, Jeffrey Goldberg, yang bertanya, "Orang Yahudi memiliki hak atas setidaknya kampung halaman nenek moyangnya?"

Menjawab pertanyaan itu, Mohammed berkata, "Saya percaya setiap orang, di mana pun, berhak hidup di negaranya dengan damai. Saya percaya warga Palestina dan Israel berhak atas tanahnya sendiri."

Namun, Mohammed menekankan bahwa tetap harus ada kesepakatan damai untuk menjamin stabilitas bagi semua pihak dan agar dapat menjalin hubungan yang normal. Sejak 2012, Saudi memang mendukung penuh Inisiatif Perdamaian Arab, yang terus menggaungkan solusi dua negara dalam konflik Israel dan Palestina.

Namun, belum pernah ada pejabat tinggi Saudi yang dengan lantang mengatakan bahwa Israel memiliki "hak" atas tanah tertentu. Selama ini, Saudi juga mendukung Palestina untuk menjadi negara merdeka dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya.

Yerusalem sendiri adalah salah satu penyulut utama konflik Israel dan Palestina karena kedua negara memperebutkan wilayah penting bagi tiga agama itu sebagai ibu kota. Jika tiba waktunya Mohammed mengambil alih takhta Saudi, dia akan menjadi penjaga salah satu situs suci umat Muslim, yaitu masjid Al-Aqsa yang terletak di Yerusalem. (*)

Kredit

Bagikan