Tentara Irak Gelar Operasi Buru ISIS

user
ivan 02 April 2018, 11:32 WIB
untitled

IRAK, KRJOGJA.com - Pasukan keamanan Irak melancarkan operasi untuk menjamin keamanan di jalan utama di Provinsi Salahudin, Irak Tengah. Hal itu dilakukan setelah anggota negara islam (Islamic State/IS) menewaskan puluhan orang di pos pemeriksaan palsu di daerah itu.

Operasi tersebut dilancarkan pada pagi hari, ketika pasukan polisi federal dan beberapa brigade paramiliter Hashd Shaabi melakukan pembersihan di sekitar jalan utama, tepatnya di sebelah selatan Kota Tuz-Khurmanto. Lokasinya sekitar 180 kilometer di sebelah utara Ibu Kota Irak, Baghdad.

Tentara juga melancarkan operasi pencarian di daerah rawan di sebelah timur Kota Kecil Amerly, sekitar 150 kilometer dari utara Baghdad. Sepanjang hari, tentara memeriksa 20 desa dan menewaskan sejumlah petempur IS, termasuk tiga pelaku bom bunuh diri.

Tentara juga menghancurkan sembilan tempat persembunyian anggota IS dan menyita sejumlah senjata, amunisi dan ranjau darat. "Beberapa brigade Hashd Shaabi dan pasukan keamanan lain bergerak maju dari empat arah di sebelah selatan Tuz-Khurmato," ujar Komandan Hashd Shaabi di Irak Utara Abu Ridha An-Najjar.

Hal itu dilakukan guna mengakhiri serangan para gerilyawan garis keras di jalan yang juga menghubungkan Baghdad dengan Kirkuk itu. Pasukan keamanan Irak melancarkan operasi dari waktu ke waktu guna memburu para anggota IS. Pasalnya, petempur IS melancarkan serangan terhadap warga sipil dan pasukan keamanan Irak di wilayah Tuz-Khurmati dan Provinsi Kirkuk yang berdekatan. (*)

Kredit

Bagikan