Siap-siap, Pendaftaran CPNS dibuka 25 Oktober

user
tomi 16 Oktober 2019, 18:44 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini.

"Sama seperti tahun sebelumnya, pendaftaran dan seleksi akan kembali menggunakan teknologi atau berbasis digital," ungkap Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kemenpan-RB Setiawan Wangsaatmaja di Jakarta,Rabu (16/10 2019) .

Dia menjelaskan alasan mengapa menggunakan IT, karena lebih efisien. Dari sisi biaya, pemerintah tidak perlu mengeluarkan uang banyak, sebab seluruh sistemnya berbasis digital. "Jadi, tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk kebutuhan administrasi.

Anak-anak kita sudah bisa mendaftarkan ini semua dengan media ini semua (digital)," ujarnya saat ditemui Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (16/10/2019).


Dia menjelaskan dari sisi peserta juga dinilai lebih menguntungkan. Di mana peserta tidak perlu jauh-jauh datang ke Jakarta untuk mendaftar karena cukup membuka PC atau Laptopnya sudah bisa mendaftar.

Untuk tesnya juga para peserta tidak perlu datang jauh-jauh ke Jakarta. Sebab, cukup datang menuju daerah terdekat sudah bisa mengikuti tes lewat Compputer Assisted Test (CAT)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) berkata sistem penerimaan CPNS sudah siap. BKN pun tinggal menantikan hari-H. "Insya Allah sistem sudah siap, walaupun aksesnya belum kami buka," ujar Kepala Biro Humas BKN M. Ridwan.

BKN juga masih menunggu instruksi lebih lanjut dari Kementerian PAN-RB. Pernyataan tanggal seleksi CPNS . "Itu statement Pak Menpan RB. Kita tunggu saja," Ridwan menjelaskan.

Formasi tahun ini akan memprioritaskan guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis fungsional, dan tenaga teknis lainnya. Terdapat 541 instansi yang akan membuka formasi tahun ini.(ati)

Kredit

Bagikan