Wamena Belum Pulih, Ini Pesan Menkes buat Petugas Kesehatan

user
tomi 01 Oktober 2019, 20:08 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, mengatakan, kondisi Wamena masih belum kondusif,mengimbau agar para tenaga kesehatan harus memakai baju kesehatan yang berwarna putih kemanapun mereka pergi. Kalau perlu ada tulisan "kesehatan" di bajunya.

Demikian disampaikan Menkes Nila Moeloek di Jakarta. Kini terdapat 31 dokter yang terdiri dari dokter spesialis dan dokter umum yang masih menetap di Wamena, Papua. Mereka tidak meminta kembali ke DKI Jakarta melainkan ingin menetap disana untuk membantu para masyarakat Wamena.


"Ada tiga dokter spesialis anak yang masih menetap di sana. Dokter kandungan juga ada. Kalau dokter spesialis umumnya kebanyakan orang non Papua karena ada tugas pendayagunanan dokter spesialis untuk membantu masyarakat di Papua," katanya.

Dengan mengenakan baju putih bertuliskan kesehtana ,diharapkan  tidak menimbulkan kesalahpahaman di daerah Papua yang mengakibatkan hal yang tidak diinginkan.

Nila menambahkan jika tenaga kesehatan berada di daerah rawan dan merasa terganggu oleh aktivitas perusuh disarankan untuk mengungsi ke fasilitas kesehatan terdekat. "Kami mengharapkan mereka berada di tempat-tempat yang aman yaitu rumah sakit," kata dia.

Demi keamanan para tenaga kesehatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) harus memberikan pengawalan yang lebih bagi tenaga kesehatan yang berada di Wamena agar tidak ada lagi kejadian tenaga kesehatan menjadi korban kerusuhan.

"Dalam hal keamanan kami menitip tenaga kesehatan kami kepada TNI dan Polri agar tetap dikawal. Kami bekerja sama dengan mereka dalam hal keamanan. Saya harap keadaan tetap kondusif," kata Nila.(ati)


Kredit

Bagikan