Kepala Badan Prakiraan Cuaca Dipecat Gara-gara Salah Ramal Iklim

user
ivan 24 Agustus 2022, 14:32 WIB
untitled

HUNGARIA, KRJOGJA.com - Dua pakar cuaca terkemuka Hungaria telah dipecat karena prakiraan cuaca yang keliru yang memicu kegemparan politik. Pemecatan ini terkait dengan rencana pertunjukan kembang api terbesar di Eropa yang awalnya direncanakan akan diselenggarakan pada Sabtu (20/8/2022) malam untuk merayakan Hari St Stephen yakni hari libur nasional.

Sekitar 40.000 kembang api siap diluncurkan dari 240 titik di sepanjang 5 km (3 mil) bentangan Sungai Danube di Budapest tengah, dalam pertunjukan yang biasanya ditonton hingga dua juta orang. Namun tujuh jam sebelum jadwal dimulai, pemerintah menunda acara tersebut, dengan alasan peringatan cuaca ekstrem.

Pemerintah menunda acara tersebut selama seminggu karena peringatan cuaca ekstrem yang diterimanya. Ternyata cuaca tetap tenang. Badai hujan yang diprediksikan oleh Badan Meteorologi Nasional berubah arah dan malah melanda bagian timur Hungaria. Hal inilah yang mengarah pada pemecatan kepala dan wakil kepala dinas cuaca.

Layanan tersebut memposting permintaan maaf publik di halaman Facebook mereka pada Minggu (21/08/2022), menjelaskan bahwa hasil paling tidak mungkin terjadi, dan ketidakpastian itu adalah bagian dari prakiraan cuaca. (*)

Kredit

Bagikan