Buang Bayi, Sepasang Kekasih Ditangkap Polisi

user
danar 22 Agustus 2022, 21:10 WIB
untitled

SALATIGA, KRJOGJA.com - Sepasang kekasih, DA (23) dan NPS (19) keduanya berstatus mahasiswa ditangkap petugas Reskrim Polres Salatiga. Keduanya adalah tersangka pembuang bayi di rumah warga Dusun Prampelan, Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Salatiga.

DA adalah warga asal Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen salah satu mahasiswa perguruan tinggi di Solo dan NPS warga Solo yang merupakan seorang mahasiswi sebuah perguruan tinggi di Salatiga.

Kapolres Salatiga, AKBP Indra Mardiana mengatakan keduanya ditangkap di dua daerah, yakni Solo dan Sragen. Dalam pemeriksaan, terungkap tersangka NPS melahirkan di kamar sebuah kos di daerah Salatiga.

Bahkan proses kelahiran normal dan tersangka NPS memotong tali pusar dengan menggunakan gunting.

Kemudian ia menghubungi pacarnya, DA (23) yang juga seorang mahasiswa warga Sragen, Tersangka DA mendatangi NPS di kamar kos dan berembuk lalu bersepakat untuk membuang (menaruh) bayi di teras seorang warga di Dusun Prampelan, Kelurahan Blotongan, Salatiga.

“Tersangka NPS memotong tali pusar si bayi sendirian di kamar kos memakai gunting,” jelas Kapolres Salatiga, AKBP Indra Mardiana kepada wartawan, Senin (22/8/2022).

Pada konferensi pers ini, Kapolres menyatakan keduanya dijerat dengan Pasal 305 KUHP yakni menaruh anak di bawah umur tujuh tahun di suatu tempat supaya dipungut orang lain atau dengan maksud terbebas dari pemeliharaan anak itu, meninggalkannya (membuang bayi yang baru dilahirkan) diancam hukuman lima tahun dan enam bulan penjara.

“Tersangka mahasiswi mengalami sakit dan saat harus dirawat di RSUD,” kata AKBP Indra Mardiana.

Tersangka DA, mengaku dirinya ketakutan diketahui orang tuanya. “Saya takut kepada orangtua masih kuliah sudah punya anak, sepakat menaruh anak saya di teras rumah,” kata DA.

Diketahui bayi laki-laki mungil ditemukan di teras rumah warga bernama Komari Dusun Prampelan, Kelurahan Blotongan, Salatiga pada 9 Agustus 2022 malam. Kemudian polisi melakukan penyelidikan dan menangkap kedua pelaku. (Sus)

Kredit

Bagikan