Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Publik Amerika

user
ivan 06 Agustus 2022, 16:32 WIB
untitled

AMERIKA, KRJOGJA.com - Amerika Serikat (AS) telah menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat, kata sekretaris kesehatan pada Kamis (04/08/2022), sebuah langkah yang diharapkan dapat membebaskan dana dan alat tambahan untuk memerangi penyakit itu.

Pada Rabu (03/8/2022) AS mencatat 6.600 kasus cacar monyet, yang hampir semuanya di antara pria yang berhubungan seks dengan pria. "Kami siap untuk mengambil tanggapan kami ke tingkat berikutnya dalam mengatasi virus ini, dan kami mendesak setiap orang Amerika untuk menganggap cacar monyet dengan serius," kata Sekretaris Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan Xavier Becerra pada sebuah pengarahan.

Deklarasi tersebut akan meningkatkan ketersediaan data tentang infeksi cacar monyet yang diperlukan untuk respons, kata Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS Rochelle Walensky, berbicara bersama Bacerra.

Penyakit ini mulai menyebar di Eropa sebelum pindah ke Amerika Serikat, yang kini memiliki kasus terbanyak di dunia. Vaksin dan perawatannya terbatas dan penyakit ini sering kali diserahkan kepada klinik kesehatan seksual yang secara historis kekurangan dana untuk dikelola.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan cacar monyet sebagai "darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional," tingkat siaga tertinggi. Deklarasi WHO bulan lalu berusaha untuk memicu respons internasional yang terkoordinasi dan membuka pendanaan untuk berkolaborasi dalam vaksin dan perawatan. (*)

Kredit

Bagikan