Tergiur Hadiah Menarik, Uang Tabungan Rp 33 Juta Jadi Korban 'Begal Rekening'

user
danar 04 Agustus 2022, 16:50 WIB
untitled

WONOGIRI, KRJOGJA.com - Nasabah Bank BRI Wonogiri, Dwi Darmanto (46) mengaku tertipu puluhan juta. Warga Perumahan Megatama Pokohkidul Kecamatan/Kabupaten Wonogiri melapor ke polisi maupun pimpinan BRI karena kasus ini bermula dari percakapan dengan seseorang yang mengatasnamakan dari BRI akan membagi-bagikan hadiah menarik dari bank nasional tersebut.

"Orang yang menghubungi via ponsel itu mengabarkan bahwa saya mendapat hadiah, bahkan silahkan memilih sendiri jenisnya (hadiah), tapi belakangan setelah itu uang saya di rekening Rp 33 juta lebih hilang," ungkap Dwi kepada media, Kamis (4/8/2022).

Menurut dia, awalnya korban tidak langsung percaya akan berita dari seseorang yang mengaku dari Bank BRI itu. Pasalnya, sudah sering didengar ada kasus penipuan nasabah bank berkedok penarikan hadiah-hadiah menggiurkan.

"Setelah percakapan itu dari catatan rekening koran miliknya, uang itu dikirim dua kali. Pertama sejumlah Rp 33.600.000 dan yang kedua yakni Rp 50 ribu, sehingga total kerugian kami Rp 33.650.000," tutur korban sembari menambahkan kasus ini terjadi sekitar awal Maret 2022.

Pemimpin Cabang (Pinca) BRI Wonogiri Muhammad Nu'man saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (4/8/2022), membenarkan kasus yang dialami Dwi Darmanto. Pinca yang baru menjabat di Wonogiri ini mengingatkan seluruh nasabah adanya 'begal' rekening.

Menurut dia Dwi sebelumnya telah mendapatkan link dimana dimasukan data seperti user id dan password internet banking dan kemudian penipu mencoba masuk ke internet banking.

"Kasus yang dialami korban bukan pembobolan, ini murni penipuan. Secara sistem di BRI aman. Investigasi kami, si penipu ini masuk ke internet banking. Mas Dwi sebelumnya kan mengisi link yang diberikan, nah data-datanya masuk disitu," tandasnya. (Dsh)

Credits

Bagikan