Polisi Bekuk Komplotan Pembobol Toko di Dlingo

user
agus 29 Juli 2022, 19:15 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Sepak terjang komplotan pencurian dengan pemberatan (Curat) asal Kapanewon Dlingo Bantul berakhir di tangan petugas Polsek Dlingo, Polres Bantul Polda DIY. Empat orang sudah dijadikan tersangka dalam kasus curat di sebuah Toko swalayan di wilayah Terong. Tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat) dengan ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara.

Kapolsek Dlingo Polres Bantul Polda DIY AKP Basungkowo, didampingi Kanit Reskrim Polsek Dlingo Aiptu Tri Widodo, Sabtu (29/7/2022) mengatakan, kasus pembobolan diketahui ketika korban kaget melihat rokok di tokonya raib, Minggu (24/7/2022) lalu. Peristiwa itu kemudian dilaporkan ke polsek Dlingo hari Selasa (26/7/2022). Polisi bergerak menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan.

"Empat pelaku diamankan di rumahnya masing -masing Rabu (27/7/2022) lalu. Dari empat tersangka, kami juga menyita barang bukti berupa satu slop rokok," katanya.

Empat komplotan pencuri terdiri, Si (28), Ad (23), Rk (19) serta Fz, semua Dlingo, Kabupaten Bantul. "Pelaku sebelum melakukan pencurian mengonsumsi minuman keras lalu mencuri sejumlah rokok dengan berbagai merek di salah satu toko. Modusnya pelaku manjat sambil bawa pukul, untuk eksekutornya Si dan Ad," ujarnya.

Setelah menggasak rokok, kedua pelaku menyuruh Rk dan Fz agar membawa rokok tersebut. Kemudian barang curian itu kepada orang di pinggir jalan. Informasinya rokok-rokok itu dijual kepada sales yang lewat. "Dari menjual rokok curian itu mereka meraup uang Sekitar Rp 5 juta," jelasnya.

Dari pengakuan korban, jumlah rokok yang diambil sangat banyak, jika dikalkulasi kerugian korban mencapai puluhan juta rupiah.

"Pelaku mengambil rokok dalam kemasan slop-slopan dan bal-balan. Dari pengakuan korban kerugiannya sekitar Rp 20 juta," ujarnya.

Basungkowo mengungkapkan, sejak Kamis lalu, penyidik telah menahan empat pelaku. Keempatnya disangkakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat). (Roy)

Kredit

Bagikan