Dalami Peluang Kemitraan SDGS Kadin DIY - Western Sydney University Fokus Pemberdayaan Perempuan

user
Ary B Prass 14 Juli 2022, 13:27 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com  - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Western Sydney University terus menjajaki peluang lebih mendalam kolaborasi Australia dan Indonesia guna mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) PBB.

Salah satunya fokus perhatiannya berupa pemberdayaan perempuan atau women empowerment dan perlindungan anak.

Ketua Umum Kadin DIY GKR Mangkubumi menyampaikan pihaknya sekaligus sangat concern keterlibatan, peran serta dan hak perempuan dalam seluruh kegiatan ekonomi.

Selain itu, kiprah dan hak perempuan dalam mendapatkan akses pendidikan setinggi-tingginya dan memperoleh pekerjaan. Tidak terkecuali, kesempatan yang sama perempuan menjadi pemimpin.

"Kami tengah menyusun kerjasama pemberdayaan perempuan dan anak berupa sister school dalam memperkuat edukasi bagi anak-anak maupun perempuan di DIY. Pendidikan anak dan perempuan  inilah yang harus dikuatkan dan menjadi perhatian bersama kedepannya," tegasnya dalam Patnership Advancing the United Nation SDGs in Indonesia di Jakarta, Selasa (12/7/2022) lalu.

GKR Mangkubumi menyatakan setidaknya terdapat 200 ribu mahasiswa di DIY yang mendapatkan akses pendidikan tinggi setiap semester.

Dengan demikian, diharapkan pendampingan dan pembinaan program SDGs bisa ditingkatkan dan lebih merata ke berbagai daerah di Tanah Air.

"Kami berkomitmen mendorong pelaksanaan program SDGs, termasuk memperluas kemitraan di Indonesia yang tengah berupaya meningkatkan keberlanjutan atau sustainability.  Kami mampu membuat perbedaan menghadapi permasalahan yang kompleks dengan menyatukan peneliti dan pendidik terbaik kami dalam mencari solusi yang dibutuhkan dan menopang generasi masa depan," tutur Wakil Rektor dan Presiden Western Sydney University Prof Barney Glover AO.

Barney Glover menambahkan Western Sydney University menempati peringkat pertama secara keseluruhan di seluruh dunia dan peringkat pertama di Australia belum lama ini.

Peringkat tahunan bergengsi tersebut dari Times Higher Education (THE) yang menilai universitas atas komitmen mereka terhadap SDGs berdasarkan pengajaran, penelitian, penjangkauan dan pelayanan. (Ira)

Kredit

Bagikan