Maruf Amin Minta Peternak Siapkan Hewan Kurban Bebas PMK

user
ivan 09 Juli 2022, 14:11 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Hari Raya Idul Adha atau disebut juga sebagai Hari Raya Kurban mengandung makna sosial. Umat Islam dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban seperti kambing, sapi, atau unta yang dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan, menyembelih hewan kurban selain merupakan wujud pelaksanaan tuntunan agama, juga mengandung dampak sosial yang positif karena dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. "Selain itu, kurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli kepada sesama apalagi pascapandemi seperti sekarang ini," kata Ma’ruf dalam video ucapan Hari Raya Idul Adha 1443 H, Sabtu (09/07/2022).

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menyebut, menyembelih hewan kurban hukumnya sunnah muakkad (sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan). Bahkan, ada ulama yang mewajibkan karena besarnya manfaat yang dihasilkan.

"Umat Islam sangat dianjurkan setidak-tidaknya sebagai sunnah muakkadah untuk menyembelih kurban. Bahkan di antara ulama ada yang mewajibkan untuk menyembelih kurban," katanya.

Selain itu, Ma’ruf mengimbau, di tengah mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak saat ini, para penyedia hewan kurban agar menyiapkan hewan yang terbebas dari PMK.

"Sebab berkurban dengan hewan yang terkena PMK hukumnya tidak sah. Di samping itu, daging dari hewan kurban tersebut nantinya didistribusikan dan dinikmati masyarakat luas," katanya.

Terakhir, Wapres mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha kepada segenap umat Islam di Tanah Air yang merayakan. Ia pun berharap perayaan Idul Adha kali ini semakin mempererat persaudaraan sesama manusia. (*)

Kredit

Bagikan