Hari Ini Harga Minyak Dunia Turun Lagi

user
danar 08 September 2022, 06:10 WIB
untitled

NEW YORK, KRJOGJA.com - Harga minyak mentah turun tajam di bawah level yang terlihat sebelum invasi Rusia ke Ukraina. Penurunan harga minyak dunia dipicu data perdagangan China yang suram memberi kekhawatiran investor tentang risiko resesi.

Harga minyak dunia hari ini jenis Brent turun USD 4,83 menjadi USD 88 per barel, jatuh di bawah USD 90 per barel untuk yang pertama sejak 8 Februari.

Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate AS turun USD 4,94, atau 5,7 persen menjadi USD 81,94, terendah sejak Januari.

"Saat ini pasar mendasarkan kekhawatirannya tentang apa yang akan terjadi karena harga energi yang meningkat tajam di Eropa, permintaan yang melambat di Eropa, dan kenaikan suku bunga," kata Phil Flynn, Analis di Price Futures Group, melansir laman businesstimes.com.sg, Kamis (8/9/2022).

Beberapa bank sentral dunia dijadwalkan untuk mempertahankan kenaikan suku bunga demi melawan inflasi. Tetapi para ekonom mengatakan Amerika Serikat tampaknya berada di tempat yang lebih baik untuk menghadapi badai.

Kondisi tersebut telah mendorong dolar ke puncak 24 tahun terhadap yen dan tertinggi 37 tahun versus poundsterling.

Greenback yang lebih kuat menekan harga minyak, karena sebagian besar penjualan minyak di seluruh dunia ditransaksikan dalam dolar.

Bank Sentral Eropa diperkirakan akan menaikkan suku bunga tajam ketika bertemu pada hari Kamis ini. Pertemuan Federal Reserve AS menyusul pada 21 September.

Bank of Canada menaikkan suku bunga sebesar tiga perempat poin persentase ke level tertinggi 14 tahun pada hari Rabu, seperti yang diharapkan, dan mengatakan tingkat kebijakan perlu naik lebih tinggi karena memerangi inflasi yang mengamuk.(*)

Credits

Bagikan