Kredibilitas G20 Dipertaruhkan dalam Temukan Solusi untuk Konflik Global

user
danar 06 September 2022, 12:51 WIB
untitled

BALI, KRJOGJA.com - Dalam KTT T20 yang diselenggarakan pada 4-6 September 2022 di Nusa Dua, Bali, Menlu Retno Marsudi turut menyampaikan pidato pembukaannya yang ditampilkan melalui video.

Dalam pidatonya, ia menegaskan bahwa nama G20 tengah dipertaruhkan di dalam proses untuk menyelesaikan konflik ataupun masalah dunia.

"Indonesia bekerja keras untuk menjaga stabilitas dunia dari pengaruh konflik, maka kita harus bekerja sama untuk memecahkan tantangan global," ujar Menlu Retno.

"Jika tidak, kredibilitas G20 akan dipertaruhkan," tambahnya lagi.

KTT T20 yang digelar dengan tujuan menyediakan rekomendasi bagi para pemimpin dunia dalam Leaders Summit G20 pada November mendatang, disebut oleh Menlu Retno sebagai salah satu elemen penting.

"Pikiran dan ide Anda sangat berharga dalam mendukung dan mempercepat jangkauan global," ujarnya lagi.

Lebih lanjut, Menlu Retno menyorot dua poin. Pertama adalah bagaimana negara-negara G20 menerima dan menangani krisis yang telah terjadi sebelumnya.

"Banyak pakar yang meramalkan bahwa ekonomi global akan lebih menantang dalam lima tahun ke depan daripada kenyataannya sekarang," ujarnya.

Namun, ia pun optimis bahwa T20 akan membantu dalam hal ini.

"Saya percaya bahwa T20 ditempatkan dengan baik untuk menawarkan ide segar, tentang bagaimana dunia dapat menyelesaikan hal ini," tambah Menlu Retno lagi.

Kedua, terkait dengan isu keamanan pasca perang yang meningkatkan ketegangan tensi di dunia.

Menurut Menlu Retno, dalam menciptakan masa depan yang stabil dan sejahtera, diperlukan adanya kolaborasi dengan sistem multilateral yang adil dan efektif.

Hal ini pun tercantum dalam piagam PBB dan perjanjian internasional.

"Dunia memiliki harapan yang tinggi untuk kerja sama kita. Kita harus berkontribusi pada kerja sama global untuk mewujudkan masa depan bagi anak-anak kita," tutup Menlu Retno. (*)

Credits

Bagikan