Pemerintah Terus Gencarkan Percepatan Transformasi Digital Bagi Aparatur Sipil Negara

user
danar 05 September 2022, 00:10 WIB
untitled

BOGOR, KRJOGJA.com - Pemerintah terus menggencarkan percepatan transformasi digital bagi aparatur sipil negara (ASN). Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kecakapan ASN di bidang teknologi informasi, serta makin melek digital.

"Kegiatan literasi digital sektor pemerintahan ini agar ASN makin cakap digital, di sisi lain juga makin waspada dalam mengadopsi teknologi digital," kata Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto di Bogor, Minggu (5/9/2022).

Untuk melatih kecakapan digital ASN, Kemenkominfo bersama Pusat Pengembangan Kepegawaian Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar kegiatan literasi digital pada 23 Agustus lalu.

Kegiatan yang dilangsungkan di Kota Bogor itu diikuti sebanyak 4.346 pegawai BKN pusat dan regional di seluruh Indonesia. Kegiatan itu juga untuk meningkatkan kompetensi di bidang digital dan mendorong peningkatan jumlah jam pelajaran yang diperoleh masing-masing ASN.

Hal itu sesuai dengan implementasi Pasal 70 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN terkait pengembangan kompetensi ASN.

Sekretaris Utama BKN Imas Sukmariah menjelaskan literasi digital merupakan kerja besar. Sebab, ASN harus mampu memahami empat pilar dalam kehidupan sehari-hari.

Empat pilar itu, yakni kecakapan digital, keamanan digital, budaya digital, etika digital. "Kemampuan dasar di era digital yang perlu dikuasai juga agar memilah dan memilih konten positif," kata Imas.(Ati)

Kredit

Bagikan