So Sweet.., Saat 'Ketampanan Viking' Philip Meluluhkan Hati Elizabeth

user
Tomi Sujatmiko 09 September 2022, 09:33 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia dalam usia 96 tajun pada 8 September 2022 malam waktu Inggris atau 9 September 2022 dini hari WIB. Namun, kisah hidup ratu terlama di kerajaan Inggris itu cukup menyedot perhatian publik di seluruh penjuru dunia. Salah satunya adalah kisah hidup bersama dengan suami tercinta Duke of Edinburgh atau Pangeran Philip.

Meninggalnya Pangeran Philip menorehkan duka yang mendalam sekaligus mengakhiri perjalanan romansa yang indah dengan Ratu Elizabeth II yang dibinanya selama 73 tahun. Kisah cinta mereka yang dikaruniai empat anak yaitu Pangeran Charles, Puteri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward itu sebetulnya tak berjalan dengan mudah dan penuh lika-liku. Kisah cinta keduanya dimulai ketika mereka masih berusia amat muda.

Keduanya pertama kali bertemu pada tahun 1934 saat Elizabeth berusia 7 tahun dan Philip masih 13 tahun. Kala itu Elizabeth II menjadi pengiring pengantin dari bibinya, Putri Marina dari Yunani dan Denmark, saat menikah dengan Pangeran George Duke of Kent di Westminster Abbey. Sementara, Philip hadir sebagai sepupu pertama pengantin wanita.

Lima tahun kemudian di tahun 1939, mereka kembali bertemu ketika Elizabeth saat itu adalah seorang putri berusia 13 tahun. Siapa sangka sejak pertemuannya itu, sang putri langsung terpikat pada pandangan pertama dengan saudara jauhnya itu,

Mengutip ABC News, Sebagaimana diketahui Philip dan Elizabeth memiliki nenek buyut yang sama yaitu Ratu Victoria. Philip adalah keturunan langsung dari Putri Alice, anak ketiga dari Ratu Victoria. Ratu Elizabeth adalah keturunan langsung dari putra tertua Ratu Victoria, yang menjadi Raja Edward VII, menurut situs web keluarga kerajaan.

Setelah pertemuan pertama mereka, Elizabeth dan Philip bertemu beberapa kali selama dekade berikutnya, dan Putri Elizabeth yang sangat muda jatuh cinta pada Philip yang berambut pirang dan bermata biru. Pengasuhnya mencatat bahwa "ketampanan Viking" Philip cukup mengesankan sang putri. Elizabeth terpanah dengan kegagahan Philip yang kala itu berusia 18 tahun dan menjadi kadet Angkatan Laut. Menurut pengasuh Putri Elizabeth, sang putri terpukau dengan kemampuan Philip melompati net di lapangan tenis.

Pasangan itu bertukar surat dan, pada tahun 1946, Philip, yang saat itu berusia pertengahan 20-an, diberi izin oleh Raja George VI untuk menikahi putrinya, dengan syarat mereka menunggu hingga Elizabeth berusia 21 tahun. Namun, para abdi dalem ayahnya kurang terkesan. Ada keraguan tentang kurangnya sumber keuangan dan sumber asing Pangeran Philip, dan Raja George VI juga dikabarkan prihatin dengan usia putrinya yang masih muda.

HALAMAN

Credits

Bagikan