Two Countries Twin Park' Menjadi Koridor Kerjasama Ekonomi RI - RRT

user
Tomi Sujatmiko 12 September 2022, 19:11 WIB
untitled

Krjogja.com - BEIJING - Wakil Gubernur Eksekutif Provinsi Fujian, Ibu Guo Ningning danDubes Djauhari Oratmangun  sepakat untuk terus mendorong agar kerjasama dalam koridor Two Countries Twin Park dapat semakin berkontribusi pada kerjasama Ekonomi Indonesia - Tiongkok.

Hal ini disampaikan saat keduanya memberikan pidato kunci pada tanggal 9 September 2022 dalam forum bertajuk: 'Indonesia-China Two Countries Twin Parks (TCTP) Promotion Conference' di sela-sela acara "the 22nd China International Fair for Investment & Trade" (CIFIT) yang berlangsung di Kota Xiamen, Provinsi Fujian, 8 – 11 September 2022.

“Two Countries, Twin Parks" merupakan salah satu proyek prioritas nasional di bawah sinergi Global Maritime Fulctrum/Poros Maritim dan Belt and Road Initiative (BRI) yang bertujuan untuk mendorong secara cepat perdagangan dan investasi antar kedua negara” ujar Djauhari.

Dalam konteks kerjasama ekonomi bilateral, Tiongkok adalah mitra dagang terbesar dan salah
satu investor utama di Indonesia.

Di bidang perdagangan, Kepabeanan RRT mencatat total perdagangan keduanya pada tahun 2021 mencapai USD 123,4 miliar atau meningkat sebesar 58.4% y-o-y. Sedangkan pada periode Januari-Juli 2022, total perdagangan keduanya mencapai USD 82,2 miliar atau naik 29,1% y-o-y.

Sementara itu, Tiongkok adalah investor terbesar ketiga pada 2021 dengan realisasi investasi
sebesar USD 3,2 miliar. Sedangkan pada periode Januari-Juni 2022, dengan total realisasi sebesar USD 3,6 miliar, Tiongkok naik menjadi investor terbesar kedua di Indonesia disusul
oleh Hong Kong pada peringkat ketiga dengan nilai investasi USD 2,9 miliar.

CIFIT adalah kegiatan promosi investasi dan perdagangan tahunan yang mempertemukan pelaku bisnis dari Tiongkok dan internasional dalam berbagai bentuk kegiatan mulai pameran dagang hingga forum bisnis. Pada penyelenggaraan tahun ini, CIFIT mengambil tema "Global Development: Sharing Digital Opportunities and Investing in a Green Future" dan dibuka resmi oleh Mr. Zhang Chunxian, selaku Wakil Ketua, Standing Committee, NPC RRT.

Dalam pidatonya Mr. Zhang menekankan bahwa pembangunan Tiongkok akan membawa banyak peluang baru bagi seluruh negara di dunia dan memberikan momentum baru ke dalam perekonomian global.

HALAMAN

Credits

Bagikan