Raja Charles III Naik Takhta, Anak Meghan Markle Bisa Jadi Pangeran dan Putri

user
tomi 11 September 2022, 13:07 WIB
untitled

LONDON, KRJOGJA.com - MeninggalnyaRatu Elizabeth II membuat putra sulungnya naik takhta, bergelar Raja Charles III. Masih banyak lagi perubahan yang terjadi dalam titel para anggota keluarga Kerajaan Inggris.

Salah satunya terkait dengan putra-putri Meghan Markle dan Pangeran Harry, Archie Harrison dan Lilibet Diana. Dilansir dari People, Sabtu (10/9/2022), naiknya Raja Charles ke takhta Kerajaan Inggris membuat dua cucunya ini bisa menggunakan titel pangeran dan putri. Pasalnya, kini keduanya adalah cucu dari pemimpin Kerajaan Inggris.

Seperti diketahui, saat lahir mereka tak bisa menggunakan titel ini, karena mereka adalah cicit dari sang penguasa monarki.

Namun sepupu mereka—trio anak Pangeran William—mendapat gelar pangeran dan putri karena adalah anak-anak dari seseorang yang bergelar Prince of Wales.

Aturan Sejak Raja George V

Perubahan ini berasal dari aturan yang didasari oleh titah Raja George V pada 1917. Raja Charles sendiri sebenarnya memiliki kekuasaan untuk mengubah aturan ini, tapi hal ini diragukan akan terjadi.

“Archie hampir pasti akan menjadi pangeran suatu hari nanti. Charles tidak akan menyangkal keberadaan cucunya, jadi sangat kecil kemungkinannya dia akan mengubah aturan agar hal ini tidak terjadi,” kata sumber yang dihubungi People

Keputusan Pangeran Harry - Meghan Markle?

Namun tak lantas gelar pangeran dan putri akan disematkan ke nama Lilibet dan Archie. Hal ini masih bergantung kepada keputusan kedua orangtuanya.

“Sebagai cucu dari Penguasa, [Lilibet dan Archie] memiliki hak untuk menggunakan panggilan Yang Mulia. Tapi pertanyaannya, apakah Harry dan Meghan menginginkannya," kata Joe Little, redaktur pelaksana majalah Majesty. (*)

Credits

Bagikan