Dua Anak Pangeran Harry Tak Berhak Dipanggil Yang Mulia, Ini Sebabnya

user
Tomi Sujatmiko 15 September 2022, 13:25 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Anak-anak Meghan Markle dan Pangeran Harry tidak akan mendapatkan gelar Her/His Royal Highness alias Yang Mulia dari Raja Charles III. Mereka hanya akan jadi pangeran dan putri, melansir The Sun, Kamis (15/9/2022).

Diskusi tegang dilaporkan terjadi saat Meghan dan Harry berada di Inggris untuk pemakaman Ratu Elizabeth II. Ratu telah setuju mengeluarkan surat paten untuk menganugerahkan gelar pangeran dan putri pada Archie dan Lilibet yang tinggal bersama orangtua mereka di Montecito, California, Amerika Serikat (AS).

Pasangan Sussex setuju untuk tidak menggunakan gelar Yang Mulia lagi ketika mereka pindah ke sana 2,5 tahun lalu. Tapi, mereka mengeluh keputusan itu ternyata membuat mereka tak mendapat fasilitas keamanan yang memadai.

Sekarang, mereka disebut "merasa sedih" karena Archie dan Lilibet juga tidak akan bisa menggunakan titel tersebut. Sussex membandingkan anak-anaknya dengan Putri Beatrice dan Eugenie memiliki status Yang Mulia tanpa jadi bangsawan yang bekerja untuk Kerajaan Inggris.

Seorang sumber mengatakan, "Harry dan Meghan khawatir tentang masalah keamanan dan jadi pangeran dan putri memberi mereka hak untuk memiliki tingkat keamanan kerajaan tertentu. Ada banyak pembicaraan selama seminggu terakhir."

"Mereka bersikeras bahwa Archie dan Lilibet adalah pangeran dan putri. Mereka mengatakan itu tanpa henti sejak Ratu meninggal," sumber itu menyambung. "Tapi, mereka sangat marah karena Archie dan Lilibet tidak mendapatkan gelar Yang Mulia."

"Itulah kesepakatannya. Mereka bisa jadi pangeran dan putri, tapi bukan Yang Mulia karena mereka bukan bangsawan yang bekerja," tuturnya. Seorang juru bicara Raja Charles III menolak berkomentar.

HALAMAN

Credits

Bagikan