Biar Ga Galau, Yuk Cek Nama Penerima BLT BBM Lewat Cekbansos.kemensos.go.id

user
Tomi Sujatmiko 17 September 2022, 01:12 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Ada tiga jenis bahan bakar minyak (BBM) yang naik harga pada Sabtu, 3 September 2022 lalu, yaitu Pertalite, Solar, dan Pertamax. Hal ini sontak membuat tarif sejumlah moda transportasi naik. Kenaikan tarif ini juga diikuti dengan kenaikan harga kebutuhan pokok.

Guna sedikit meringankan beban masyarakat, pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) BBM kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Ada pun bantuan yang telah disalurkan hingga saat ini telah mencapai 40 persen dari total target penerima manfaat BLT BBM.

"Di seluruh Indonesia telah tersalurkan kurang lebih 40 persen, memang masih banyak yang belum, masih 60 persen. Ini akan terus kita dorong agar itu bisa segera cepat diselesaikan," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis, 16 September 2022.

Untuk diketahui disalurkannya BLT BBM kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (PKM) berlangsung selama empat bulan hingga Desember mendatang. Dalam kurun waktu tersebut warga akan menerima Rp 150 ribu per bulan yang akan disalurkan sebanyak dua kali.

Terkait siapa saja yang namanya masuk dalam daftar penerima bantuan sosial BLT BMM 2022, jangan ragu untuk langsung mengunjungi cekbansos.kemensos.go.id yang terbuka bagi seluruh masyarakat dan dapat diakses secara online.

Seperti apa langkah-langkahnya, simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Akses laman cekbansos.kemensos.go.id

2. Kemudian pilih provinsi, kabupaten, kecamatan, desa atau kelurahan wilayah penerima manfaat

3. Dilanjutkan dengan isi nama Anda sesuai KTP

4. Lalu ketikkan 8 huruf kode captcha yang tersedia dalam kotak kode

5. Jika kode kurang jelas atau kurang dimengerti, klik “Refresh” untuk mendapatkan kode baru

6. Setelah itu klik tombol “Cari Data”

Apabila masyarkat menemukan kendala, manfaatkan layanan pengaduan Kemensos dengan menghubugi call center di nomor 171.

Seperti dijelaskan sebelumnyam tidak semua masyarakat yang bisa mendapatkan bansos. Jika Anda ingin menjadi salah satu penerima manfaat BLT BBM, bisa melalui aplikasi Cek Bansos.

Simak langkah-langkahnya:

1. Unduh aplikasi "Cek Bansos" melalui google play store

2. Buka aplikasi "Cek Bansos" dan klik "Buat Akun Baru"

3. Isi data-data sesuai dengan NIK, Nomor KK (Kartu Keluarga) dan data di KTP

.4. Unggah foto KTP dan swafoto diri dengan KTP. Pastikan melakukannya dengan benar sesuai dengan petunjuk yang diberikan

5. Klik "Buat Akun Baru"

6. Klik "Daftar Usulan" untuk memasukkan nama calon penerima BLT BBM

7. Selanjutnya klik tambah usulan. Isi data lengkap calon penerima BLT BBM sesuai dengan KTP. Kemudian tunggu hingga usulan data muncul. (*)

Credits

Bagikan