Wakil Presiden China Bakal Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II

user
Ivan Aditya 18 September 2022, 03:32 WIB
untitled

Krjogja.com - CHINA - Atas undangan pemerintah Inggris, Wakil Presiden China sekaligus Perwakilan Khusus Presiden Xi Jinping Wang Qishan akan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II. Rencananya, Wang Qishan akan hadir di London pada 19 September.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning mengumumkan hal tersebut.
Delegasi pemerintah China dilarang masuk ke Westminster Hall (Aula Westminster) untuk memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II. Penyebab larangan itu diduga akibat masalah sanksi.

Peti mati Ratu Elizabeth II kini disemayamkan (lying-in-state) di Westminster sebelum dimakamkan pada Senin 19 September 2022.

Larangan itu diberikan oleh Ketua House of Commons (DPR) Inggris Sir Lindsay Hoyle. Westminster Hall merupakan bagian dari Palace of Westminster (Istana Westminster) dan ketua House of Commons memiliki otoritas di area tersebut.

Anggota House of Lords, Helena Kennedy, merupakan salah satu tokoh yang kena sanksi China. Ia mendukung agar pejabat China dilarang melayat.

Meski demikian, Sir Hoyle membuka kemungkinan bahwa perwakilan Presiden Xi Jinping dapat menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II. Presiden Xi mendapatkan undangan dalam kapasitasnya sebagai kepada negara.

South China Morning Post menyebut Wakil Presiden China Wang Qishan diperkirakan akan berangkat ke London untuk mewakilan Presiden Xi Jinping.

Sebelumnya, Xinhua melaporan Wapres Wang juga sudah menandatangani buku dukacita di Kedutaan Besar Inggris di Beijing, serta mengheningkan cipta selama satu menit.

Pada 2021, Duta Besar China di Inggris Zheng Zeguang juga dilarang masuk ke gedung parlemen setelah China memberikan sanksi kepada sejumlah politisi Inggris yang mengkritik perlakuan terhadap Muslim Uyghur di Xinjiang. Pelarangan dan sanksi itu masih sama-sama berlaku. (*)

Kredit

Bagikan