Hitung-Hitungan Kekayaan Keluarga Kerajaan Inggris

user
Tomi Sujatmiko 18 September 2022, 09:21 WIB
untitled

Krjogja.com - LONDON - Lebih dari 70 tahun memerintah Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun di Kastil Balmoral di Aberdeenshire, Skotlandia pada tanggal 8 September 2022.

Dikutip dari CBS News, Jum'at (17/9/2022) semuanya harta baik monarki, tanah kerajaan, dan tanah pribadi Ratu Elizabeth II yang sekarang akan diberikan kepada putra pertamanya, Raja Charles III. Tapi apa sebenarnya?

Inilah yang sebenarnya dimiliki oleh penguasa Inggris. Berapa rincian nilai uang dari sebuah aset beberapa hal telah dimiliki oleh keluarga kerajaan begitu lama sehingga belum dihargai dengan standar modern, atau bernilai begitu banyak uang (seperti dalam kasus perhiasan) sehingga para ahli kesulitan memperkirakan nilainya.

The Crown Estate

Crown Estate atau juga disebut sebagai Monarchy PLC adalah korporasi yang mengontrol semua tanah dan kepemilikan raja Inggris, siapa pun itu. Percaya atau tidak, keluarga kerajaan sendiri hanya memiliki kontrol terbatas atas Crown Estate. Sebagian besar dijalankan oleh dewan independen atas nama kerajaan.

Namun, secara teknis, semua tanah di Wales, Irlandia Utara, dan Inggris adalah milik Crown Estate. (Skotlandia menciptakan perkebunannya sendiri pada tahun 2016, Crown Estate Scotland, yang dijalankan sebagai perusahaan publik atas nama pemerintah Skotlandia).

Keseluruhan Crown Estate bernilai aset US$ 34,3 miliar atau sekitar Rp 514 trilliun.

Kalung dan anting-anting penobatan

Kalung dan anting-anting ini (digambarkan di sini dengan Dorset Bow Broach Ratu Mary) dirancang untuk Ratu Victoria selama masa pemerintahannya, berisi berlian dari berlian Koh-i-Noor dan berlian Lahare.

Berlian ini dikenakan lagi oleh Elizabeth II pada saat penobatannya. Dia terus sering memakainya sepanjang hidupnya. Harganya sekitar US$ 345.000 atau sekitar Rp 5 milliar.

Istana Buckingham

Istana yang paling terkenal untuk kerajaan Inggris, Istana Buckingham, juga merupakan istana yang paling dikenal. Istana ini awalnya dibangun untuk Duke of Buckingham pada tahun 1703 dan diakuisisi oleh Raja George III pada tahun 1761, dan sejak saat itu tetap menjadi milik keluarga kerajaan.

Di sinilah keluarga cenderung menyambut pengunjung dan orang banyak, dan berfungsi sebagai kantor administrasi raja Inggris. Properti ini bernilai US$ 4,9 miliar atau sekitar Rp 73 trilliun.

Berlian Koh-i-Noor

Mahkota ini adalah mahkota Ratu Elizabeth Ibu Suri, yang merupakan ibu Elizabeth II. Di samping, sedikit ke kanan, headpiece berisi berlian Koh-i-Noor. Ini adalah salah satu berlian berpotongan terbesar di dunia.

Asal-usul pastinya tidak jelas, tetapi pertama kali tercatat sebagai bagian dari Kursi Merak di Kekaisaran Mughal India pada tahun 1740-an. Setelah Ratu Victoria mencaplok India pada tahun 1840-an, dia memperoleh berlian Koh-i-Noor untuk dirinya sendiri.

Kastil Balmoral

Kastil Balmoral adalah kediaman milik pribadi yang terletak di Aberdeenshire, Skotlandia. Dibeli oleh Elizabeth II dan sekarang akan diwariskan kepada Charles III. Menurut Forbes, properti ini bernilai US$ 140 juta atau sekitar Rp 2 trilliun.

Kastil ini adalah tempat tinggal Ratu Elizabeth II ketika dia meninggal pada usia 96 tahun pada September 2022.

Lukisan karya Claude Monet

Keluarga kerajaan juga dikenal karena koleksi seninya yang luas.

Ini adalah "Study of Rocks; Creuse: 'Le Bloc'" karya Claude Monet. Pada tahun 1949, Ratu Elizabeth sang Ibu Suri membelinya seharga $2300 atau sekitar Rp 34 juta dan pada saat kematiannya pada tahun 2002, nilainya sekitar US$ 17.000 tau sekitar Rp 254 juta.

Credits

Bagikan