WHO Sebut Pandemi Covid-19 Tak Lama Lagi

user
Ivan Aditya 21 September 2022, 02:32 WIB
untitled

Krjogja.com - SWISS - Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama lebih dari 2 tahun. Kendati demikian, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia atau Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus optimistis pandemi Covid-19 akan berakhir. Namun, Dirjen WHO mengingatkan setiap negara di dunia harus tetap waspada.

"Kita tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi. Kita belum sampai di sana, tetapi akhir sudah di depan mata," ujar Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Namun, Dirjen WHO itu menekankan, dunia perlu meningkatkan upaya mereka untuk merebut kesempatan ini. "Bila kita tidak mengambil kesempatan ini sekarang, kita berisiko melihat lebih banyak varian, kematian, gangguan dan ketidakpastian."

Merujuk laporan epidemiologi terbaru WHO terkait COVID-19, jumlah kasus yang dilaporkan menurun 28 persen menjadi 3,1 juta pada pekan yang berakhir pada 11 September lalu. Ini menyusul penurunan 12 persen seminggu sebelumnya.

Hanya saja, badan di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB itu telah memperingatkan anjloknya jumlah kasus itu bersifat menipu. Sebab, banyak negara telah mengurangi tes Covid-19 dan mungkin tidak mendeteksi kasus-kasus yang tidak parah.

"Jumlah kasus yang dilaporkan kepada WHO, kita tahu itu di bawah jumlah sebenarnya," kata Ketua Teknis Program Darurat Kesehatan WHO Maria Van Kerkhove.

Adapun Presiden Amerika Serikat Joe Biden yakin pandemi COVID-19 sudah berakhir. Namun, Biden mengakui AS masih memiliki masalah dengan virus Corona yang telah menewaskan lebih dari 1 juta orang di negaranya tersebut. (*)

Credits

Bagikan