Kudeta Terjadi di China dan Xi Jinping Ditahan, Benarkah?

user
Danar W 26 September 2022, 00:10 WIB
untitled

Krjogja.com - CHINA - Beredar rumor di Twitter bahwa Presiden China Xi Jinping telah dikudeta. Tagar #ChinaCoup (kudeta China) juga tersebar luas di media sosial.

Menurut laporan Newsweek, Minggu (25/9/2022), rumor itu tersebar karena kecurigaan banyak penerbangan yang dibatalkan, serta adanya video yang menyebut pasukan militer masuk ke Beijing.

Presiden Xi Jinping lantas disebut telah ditangkap Tentara Pembebasan Rakyat. Namun, tidak jelas sumber video tersebut, maupun waktu dan lokasi pengambilannya.

Namun, kabar itu dibantah oleh mantan pejabat Kementerian Pertahanan Amerika Serikat, Drew Thompson. Ia mengakui kondisi politik di China sedang sensitif. Spekulasi dan rumor pun jadi gampang beredar.

"Meski kurangnya bukti bahwa Xi menghadapi oposisi internal, spekulasi itu masih bertahan. Ini menambah kemasukakalan rumor tersebut, atau harapan bagi sebagian orang, bahwa Xi ditahan," ujarnya via Twitter.

Selain itu, mantan koresponden CNN Frida Ghitis berkata kabar penangkapan Xi Jinping adalah rumor liar.

"Media sosial berisik dengan klaim-klaim bahwa ada kudeta di China, bahwa Xi Jinping berada dalam tahanan rumah. Tetapi tidak ada bukti bahwa ini benar," ujarnya.(*)

Kredit

Bagikan