Australia Wacanakan Legalkan Ganja

user
Ivan Aditya 27 September 2022, 14:40 WIB
untitled

Krjogja.com - AUSTRALIA - Parlemen federal berupaya melegalkan penggunaan ganja untuk rekreasi, dengan mengesampingkan undang-undang negara bagian. Demikian menurut nasihat konstitusional baru yang diperoleh The Greens atau Partai Hijau di Australia.

Ketika partai kecil meningkatkan kampanyenya untuk melegalkan ganja menjelang RUU yang rencananya akan diperkenalkan tahun depan, juru bicara The Greens, David Shoebridge, mengatakan nasihat dari pengacara konstitusional Patrick Keyzer untuk membuka jalan bagi undang-undang federal yang baru.

Saran tersebut menunjukkan bahwa ada tiga kepala kekuasaan persemakmuran yang akan memungkinkannya untuk melegalkan dan mengatur penggunaan ganja. Dengan jalur paling jelas melalui bagian dari Pasal 51, yang berkaitan dengan hak cipta, paten penemuan dan desain, serta merek dagang.

Saran Prof Keyzer menyatakan bahwa pasal 51 (xviii) memungkinkan persemakmuran untuk mengatur hak varietas tanaman, dan persemakmuran dengan "dapat mengatur galur ganja sebagai varietas tanaman dan menyebabkannya terdaftar dalam jadwal sehubungan dengan persemakmuran yang memiliki kontrol peraturan eksklusif."

Keyzer sendiri adalah pengacara konstitusional dan Hak Asasi Manusia juga seorang dekan Sekolah Hukum Thomas More di Universitas Katolik Australia. (*)

Kredit

Bagikan