Usai Berkasnya P21, Putri Candrawathi Seharusnya Ditahan

user
Danar W 30 September 2022, 08:30 WIB
untitled

Krjogja.com - PURWOKERTO - Pakar hukum pidana Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Hibnu Nugroho menilai istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi seharusnya ditahan. Pasalnya, berkas perkara Putri Candrawathi dalam kasus dugaan pembunuhan Brigadir Yoshua Hutabarat alias Brigadir J telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

"Ya kalau lihat sebagai bentuk equality before the law, ada kesamaan di bawah hukum, ya tetap ditahan," ujar Hibnu dalam keterangannya, Kamis (29/9/2022).

"Tapi kan di dalam itu kan ada alasan-alasan kemanusiaan. Atau paling tidak, kalau FS (Ferdy Sambo) R (Ricky Rizal), E (Eliezer) ya tetap ditahan, tapi untuk PC memang itu kan ada alasan kemanusiaan, itu bisa ditangguhkan," dia menambahkan.

Hibnu mengatakan Putri lebih baik ditahan dengan mempertimbangkan status tahanan kota. Ia menyebut dalam KUHAP ada tiga jenis tahanan, yakni tahanan rutan, tahanan kota, atau tahanan rumah.

"Itu saya kira memberikan solusi ketimbang sama sekali tidak ditahan. Undang-undang KUHAP kan ada tiga jenis, ada tahanan rutan, tahanan kota, dan tahanan rumah. Itu pilihan. Jalan tengahnya, ya kalau menurut saya bisa tahanan kota atau tahanan rumah," ujarnya.(*)

Kredit

Bagikan