Putin Akui Kemerdekaan Zaporozhye dan Kherson

user
Ivan Aditya 01 Oktober 2022, 08:32 WIB
untitled

Krjogja.com - RUSIA - Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani dekret pengakuan kemerdekaan dua wilayah Ukraina, Zaporozhye dan Kherson. Dekrit itu segera berlaku setelah penandatanganan yang dilakukan kemarin.

“Mengakui kedaulatan dan kemerdekaan negara dari wilayah Kherson dan Zaporozhye berlaku sejak hari penandatanganan,” tulis dua dekrit itu

Dekrit itu menjelaskan 2 wilayah merdeka itu dilindungi prinsip dan norma hukum internasional yang diakui secara luas serta prinsip kesamaan hak dan penentuan nasib sendiri rakyat yang tertuang dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Presiden Putin juga telah menandatangani keputusan untuk memasukkan Zaporozhye, Kherson dan dua republik Donbass menjadi bagian Rusia.

Sebelumnya Rusia menggelar referendum di 4 wilayah Ukraina, yaitu Zaporozhye, Kherson, Donetsk, Lugansk pada 23 – 27 September lalu. Sebesar 87,05 persen penduduk wilayah Kherson menyatakan ingin merdeka dan bergabung dengan Rusia.

Begitu juga dengan wilayah Zaporozhye dengan 93,23 persen warga memilih untuk berpisah dengan Ukraina dan bergabung dengan Rusia. Juga dengan wilayah Donetsk dengan 99,23 persen penduduknya setuju bergabung Rusia. Dan terakhir sebesar 98,24 persen penduduk Lugansk ingin bergabung Rusia.

Setelah ditandatangani, dokumen itu akan diserahkan kepada Mahkamah Konstitusi Rusia kemudian akan diratifikasi oleh Duma Negara, majelis rendah parlemen Rusia dan Dewan Federal, majelis tertinggi Rusia. (*)

Kredit

Bagikan