Ukraina Resmi Daftar NATO

user
Ivan Aditya 01 Oktober 2022, 13:54 WIB
untitled

Krjogja.com - UKRAINA - Ukraina resmi mendaftarkan diri untuk keanggotaan pakta militer pimpinan Amerika Serikat alias NATO. Keputusan ini diambil beberapa jam setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan untuk mencaplok empat provinsi Ukraina. Hal ini ditegaskan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Dalam pidato yang difilmkan di luar kantor kepresidenannya di Kiev, Zelensky mengatakan dia mengambil langkah tegas ini untuk melindungi seluruh komunitas Ukraina. Dia berjanji pendaftaran itu akan terjadi dengan cara yang dipercepat.

"Secara de facto, kami sudah menuju NATO. Secara de facto, kami telah membuktikan kompatibilitas dengan standar aliansi. Mereka nyata bagi Ukraina – nyata di medan perang dan dalam semua aspek interaksi kami," katanya.

Presiden menandatangani formulir aplikasi, seperti halnya ketua parlemen, Ruslan Stefanchuk, dan perdana menteri, Denys Shmyhal. Aliansi itu tidak mungkin menerima masuknya Ukraina yang akan segera terjadi saat berada dalam keadaan perang. Sebagai anggota NATO, sesama anggota akan dipaksa untuk secara aktif mempertahankannya melawan Rusia – sebuah komitmen yang jauh melampaui pasokan senjata. (*)

Kredit

Bagikan