Kemlu RI: Misil Korea Utara Melintasi Langit Jepang, WNI Aman

user
Danar W 06 Oktober 2022, 05:10 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memastikan bahwa kondisi para WNI baik-baik saja setelah misil Korea Utara terbang di langit Jepang pada Selasa pagi 4 Oktober 2022. Insiden itu sempat membuat cemas warga Hokkaido.

Juru bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah memastikan kondisi WNI dalam keadaan baik.

"Masyarakat kita dalam kondisi baik," ujar Teuku Faizasyah kepada media, Rabu (5/10/2022).

"Tembakan peluru kendali tersebut melewati wilayah Jepang dan jatuh di laut internasional," lanjut Faiza.

Berdasarkan laporan Kyodo, Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada berkata misil itu terbang sejauh 4.600 kilometer. Itu merupakan jarak terpanjang untuk misi jarak menengah yang ditembak Korea Utara. Misil itu mencapai altitude 1.000 kilometer.

Lebih lanjut, Yamada berkata misil itu terbang melewati Jepang sekitar satu menit dan mendarat di luar Zona Ekonomi Eksklusif Jepang, sekitar 3.200 kilometer di Samudera Pasifik. Tak ada laporan kerusakan baik di darat, laut, dan udara.

Meski tak ada kerusakan, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida tetap memberikan protes keras terhadap Korea Utara atas tembakan misil tersebut.

Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno berkata aksi Korut merupakan ancaman bagi kawasan dan komunitas internasional. Matsuno menyebut misil itu ditembak pada pukul 07.22 pagi dan mendarat di luar Jepang pada sekitar pukul 07.44 pagi.

Aktivitas di bandara-bandara di Hokkaido sempat terdampak akibat aksi Korea Utara. Operasi kereta Shinkansen di Pulau Tohoku dan Hokkaido juga dihentikan sementara, meski hanya sebentar.(*)

Kredit

Bagikan