PAN dan PPP Incar Ganjar, Golkar Konsisten Usung Airlangga Capres 2024

user
Agusigit 15 Oktober 2022, 10:41 WIB
untitled

Krjogja.com - Jakarta - Partai Golkar tetap konsisten mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) 2024. Hal itu disampaikan, karena PAN dan PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memunculkan Gubernur Ganjar Pranowo sebagai salah satu yang diusulkan menjadi capres.

"Kalau Partai Golkar konsisten dengan hasil keputusan munas (mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres)," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2022 dikutip dari liputan6.com.

Perihal sosok capres 2024, Ace menegaskan, akan dibahas oleh ketiga ketua umum yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Sehingga, dia tidak bisa menjawab secara detail bagaimana kesepakatan untuk memutuskan sosok capres KIB.

"Sekali lagi, kalau Partai Golkar jelas kalau kita mendukung dan menetapkan Pak Airlangga sebagai capres. Tetapi pembahasan penetapan deklarasi KIB capres dan cawapres itu nanti menjelang akhir itu yang disampaikan oleh Ketua Umum Pak Airlangg Hartarto. Soal dinamika di masing-masing partai politik tentu itu kita serahkan kepada masing-masing partai," ucap dia.

Dia menegaskan, KIB hingga saat ini solid meskipun memiliki pandangan berbeda terkait sosok capres. Sebab, hingga kini komunikasi antara ketiga umum partai tetap berjalan dengan baik.

"Sejauh ini komunikasi politik antara Pak Airlangga, Pak Zulhas dan Pak Mardiono sebagai Plt Ketua Umum PPP sangatlah intens jadi KIB masih solid," tandas Ace.

Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, politikus Akbar Tanjung tetap mendukung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi capres 2024. Sebab, keputusan tersebut menjadi hasil dari Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar 2019.

"Jadi, ya, Pak Akbar Tanjung masih konsisten mendukung Pak Airlangga, gitu. Karena apa? Karena apa yang disampaikan Akbar Tandjung waktu acara bersama dengan Pak Anies itu kan hanya ucapan selamat kepada Pak Anies sebagai calon presiden Partai Nasdem," kata Ace di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2022.

Dia menegaskan, Akbar Tanjung hingga saat ini dipastikan tetap pendukung Airlangga Hartarto.

"Tapi soal dukungan Pak Akbar Tanjung terhadap Pak Airlangga, hingga saat ini beliau masih keliling ke mana-mana mendukung Pak Airlangga," tegas dia.

Bahkan, kata Ace, Akbar Tanjung tetap mensosialisasikan ke daerah-daerah dan selalu mengakampanyekan dukungan terhadap Airlangga Hartarto.

"Jadi yang dilihat sekarang, coba deh ikuti saja pak Akbar Tanjung ke setiap daerah pasti kampanyenya adalah Airlangga presiden, Airlangga presiden, gitu ya," ucap Ace.

Sebelumnya Politikus senior Golkar Akbar Tandjung terang-terangan mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jadi calon presiden (capres) 2024. Padahal, keputusan Rapimnas Golkar menegaskan, Airlangga Hartarto sebagai Capres.

Hal ini diungkapkan Akbar saat menghadiri peresmian tugu 66 yang direlokasi ke Taman Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 5 Oktober 2022

Menurut Akbar, Anies punya peluang yang cukup kuat untuk menjadi Presiden RI. Secara pribadi, Akbar menyatakan mendukung Anies maju di kontestasi pemilihan umum (Pemilu) sebagai capres 2024.

"Saya bangga bahwa beliau menjadi capres pada Pemilu 2024 yang akan datang, bahwa kuat peluang untuk menjadi presiden. Maka, saya ungkapkan mendukung beliau sebagai capres," kata Akbar

Kredit

Bagikan