Pasukan Kurdi Dibom, Dua Tewas

user
Tomi Sujatmiko 20 Oktober 2022, 20:43 WIB
untitled

Krjogja.com - Baghdad - Dua perwira dari pasukan komando Kurdi tewas dan tujuh pasukan komando lainnya terluka pada Rabu kemarin dalam serangan bom di wilayah semi-otonom Kurdistan Irak, kata satu pihak keamanan Kurdi.

Dikutip dari laman Xinhua, Kamis (20/10/2022), serangan itu terjadi ketika sebuah bom pinggir jalan, yang ditanam oleh anggota ISIS meledak di dekat sebuah kendaraan yang membawa pasukan komando yang berafiliasi dengan pasukan keamanan Kurdi yang dikenal sebagai Peshmerga.

nformasi ini didapatkan dari sumber yang tak menyebutkan identitasnya kepada Xinhua.

Sumber tersebut mengatakan, pasukan tersebut sedang melakukan operasi untuk memburu militan ISIS di daerah terjal di bagian selatan provinsi Sulaimaniyah di timur laut Irak.

Dia mengatakan, ledakan itu menghancurkan kendaraan, menewaskan dua petugas dan melukai tujuh pasukan komando di dalamnya.

Akam Omer, komandan pasukan komando Peshmerga, termasuk di antara yang terluka, kata sumber tersebut.

Sama dengan hari kejadian, intelijen Irak berkoordinasi dengan Badan Kontra-Terorisme regional di provinsi Sulaimaniyah, menangkap enam tersangka yang dicari karena aksi teroris tersebut.

Kala itu, para pelaku tengah bersiap untuk melarikan diri dari negara itu, demikian laporan dari Komando Operasi Gabungan Irak dalam sebuah penyataan.

Selama beberapa bulan terakhir, pasukan keamanan Irak telah melakukan operasi terhadap anggota ekstremis untuk menindak aktivitas intensif mereka.

Situasi keamanan di Irak telah membaik sejak kekalahan ISIS pada tahun 2017.Namun, sisa-sisanya telah melebur ke pusat-pusat kota, gurun dan daerah-daerah terjal, sering melakukan serangan terhadap pasukan keamanan dan warga sipil. (*)

Kredit

Bagikan