Korsel dan Korut Berbalas Tembakan

user
Ivan Aditya 25 Oktober 2022, 04:46 WIB
untitled

Krjogja.com - KORSEL - Korea Utara dan Korea Selatan masing-masing saling menukar tembakan peringatan dan menyalahkan satu sama lain karena alasan melanggar batas laut.

Staf Kepala Gabungan Korea Selatan (JCS) membenarkan tentara mereka melepaskan tembakan peringatan kepada kapal dagang milik Korea Utara yang melewati Garis Batas Utara (NIL) pada Senin pukul 03.40 setempat atau 01.40 WIB.

Korea Utara juga menyatakan tentara mereka menembak 10 tembakan peringatan ke perairan teritorialnya. Bagi Korea Utara, tembakan peringatan itu dilakukan karena mereka mendeteksi gerakan kapal lain di wilayah perairannya.

Korea Utara pun menuduh angkatan laut Korea Selatan mencoba untuk memasuki perairan Korea Utara. “Kami memerintahkan tindakan pencegahan awal untuk mengusir kuat kapal perang musuh dengan menembakkan 10 peluru dari beberapa peluncur roket di dekat perairan di mana gerakan musuh terjadi,” jelas militer Korea Utara.

Namun bagi pihak Korea Selatan, tembakan peringatan yang dilakukan Korea Utara melanggar persetujuan inter-korean 2018. Perjanjian itu diketahui sebagai langkah mengurangi permusuhan militer yang merusak stabilitas di Semenanjung Korea.

Meski tembakan peringatan itu tidak sampai ke daratan Korea Selatan, namun tembakan itu mampu meningkatkan kesiapsiagaan militer Korea Selatan akan ancaman agresi Korea Utara. (*)

Kredit

Bagikan