Jepang Bakal Naikkan Usia Persetujuan Aktivitas Seksual jadi 16 Tahun

user
Tomi Sujatmiko 27 Oktober 2022, 16:07 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Kementerian Kehakiman Jepang secara terbuka mempresentasikan rancangan untuk mengubah hukum pidana negara itu dan menaikkan age of consent atau usia consent pada Senin, 24 Oktober 2022. Saat ini, usia consent di Jepang adalah 13 tahun, tetapi revisi yang diusulkan akan menaikkan batasnya tiga tahun, menjadi 16 tahun.

Age of consent adalah istilah yang digunakan untuk usia persetujuan bisa berhubungan seksual secara sah di mata hukum, biasanya untuk anak perempuan. Dikutip dari Soranews24, Rabu, 26 Oktober 2022, tujuan utama dari amandemen tersebut adalah untuk memperkuat perlindungan bagi anak-anak dari eksploitasi seksual oleh orang dewasa, menentang untuk menunjuk remaja yang mau berhubungan seks satu sama lain sebagai pelanggaran hukum.

Rancangan tersebut mencakup ketentuan bahwa aktivitas seksual dengan orang yang lebih tua dari 13 tahun, tetapi orang lebih muda dari 16 tahun hanya dapat dihukum jika pihak yang lebih tua lebih dari lima tahun. Misalkan, seorang anak berusia 20 tahun yang terlibat secara seksual dengan anak berusia 15 tahun.

Usia persetujuan Jepang adalah 13 tahun adalah fakta yang sering dibicarakan dengan frekuensi yang agak mengkhawatirkan dalam diskusi online tentang negara tersebut. Dalam praktiknya, sejumlah undang-undang setempat sudah mengkriminalisasi orang dewasa yang melakukan hubungan seksual dengan anak di bawah umur.

Namun, perilaku melawan hukum nasional memberi jaksa satu tuntutan lagi untuk dikenakan pada pelanggar. Revisi rancangan yang diusulkan juga akan memperkenalkan sejumlah perubahan lain yang bertujuan untuk melindungi korban dari kekerasan seksual yang lebih baik, serta dukungan bagi para korban.

HALAMAN

Kredit

Bagikan