Panggung 2024 Hanya untuk Ganjar dan Anies?

user
Tomi Sujatmiko 28 Oktober 2022, 16:07 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago, faktor bakal cawapres menjadi penentu bagi kemenangan Pemilu 2024. Ia menyebut 2024 bukan lagi panggung calon lama seperti Prabowo, melainkan jatah calon baru, yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Bagi saya 2024 ini hanya panggung Anies dan Ganjar. Dan Cawapres itu kunci pemenangan pemilu 2024,” kata Pangi dalam acara Bincang Balkon Liputan6.com, Kamis (27/10/2022).

Bagi Pangi, pemilihan cawapres sangat penting apabila ingin menang Pemilu. Ia menyebut Ganjar harus memilih calon kuat seperti Prabowo atau Anies memilih Khofifah atau Yenny Wahid.

"Kalau ganjar salah menggandeng cawapres maka akan repot memenangkan pemilu, soal cawapres apakha Ganjar-Erick Thohir, apakah Ganjar-Prabowo, mungkin saja itu terjadi, karena itu akan sebanding Anies-AHY, Anies- Yenny Wahid,” kata dia.

Untuk Ganjar, Pangi menyebut Prabowo pilihan menarik, hanya saja Prabowo apakah bersedia menjadi wakil.

"Nah, mau enggak Prabowo jadi cawapres Ganjar? Ya jadi menteri aja mau kan logikanya gitu,” kata Pangi.

 

Dukungan Kader PPP di Daerah

Sementara itu, Ketua DPW PPP NTT menyatakan alasan pihaknya mendukung Ganjar di Pilpres 2024. Menurutnya, meski Ganjar kader PDIP, Ganjar juga bisa disebut kader bangsa.

"Tapi kami melihat beliau juga kader bangsa yang biasa disebut kader nasionalis religius, dan pribadinya tidak arogan walaupun kepala daerah,” kata dia.

Menurut Lonek, meski PPP berada di koalisi KIB, tapi tiap DPW PPP behak memilih dan usulkan calon. “Tapi kami di DPW punya penilaian dan pertimbangan sendiri,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum GP Mania Immanuel Ebenezer menyatakan PDIP kian melunak dengan Ganjar. Ia optimis Ganjar akan segera mendapat tiket capres dari PDIP.

"PDIP semakin kesini makin melunak, yang kemarin menyerang sekarang mengerem. kami yakin sebentar lagi Ganjar akan dapat sanksi maksimal yakni tiket maju capres,” kata Immanuel.

Kalau bukan Ganjar siapa lagi, kalau tidk usul sangat rugi,“ pungkas dia. (*)

Kredit

Bagikan