4 Keahlian ini Harus Dimiliki Pekerja di Era Digital

user
Tomi Sujatmiko 31 Oktober 2022, 09:20 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Indonesia mengakselerasi perkembangan digitalisasi. Semua sektor terus dikembangkan mulai dari ekonomi hingga sosial, baik alat-akat penunjang hingga sumber daya manusia. Oleh sebab itu, seluruh pekerja harus bisa menerapkan digtalisasi ini.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi pun memberikan bcooran mengenai empat ketrampilan kerja yang dibutuhkan di era digitalisasi.

Pertama, terkait kemampuan data anlyst. Menurutnya, ketrampilan ini diperlakukan untuk memahami big data yang akan bermanfaat untuk proses pengambilan keputusan bisnis perusahaan.

"Kalau ketrampilan yajg dibutuhkan era digital terkait dengab data besar atau big data," ujarnya saat meninjau pelaksanaan Job Fair Nasional di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (30/10/2022).

Kedua, ketrampilan berkomunikasi. Sanusi menyebut, kemampuan komunikasi yang baik dan efektif sangat diperlukan perusahaan untuk memastikan produk yang dihasilkan dapat diterima konsumen.

"Apalagi dengan era digital yang makin minim kontak fisik," ungkapnya.

Ketiga, ketrampilan terkait pemecahan masalah (problem solving). Dia menjelaskan, di era digital ini terdapat sejumlah risiko yang perlu diantisipasi perusahaan, khususnya terkait dengan fenomena.

"Saat ini ini kan risiko ini yang harus kita antisipasi," tekannya.

Terakhir ialah ketrampilan editing foto. Sanusi mengatakan, ketrampilan editing amat diperlukan perusahaan dalam rangka menghasilkan produk yang menarik.

"Kemasan produk (yang baik) dibutuhkan teknik fotografi, sehingga disitu jelas orang tertarik. Foto di edit kan menarik," jelasnya.

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia tengah menjadi perbincangan di dunia. Hal ini lantaran di saat beberapa negara di dunia terancam resesi, ekonomi Indonesia bisa bertahan tumbuh di atas 5 persen.

Tentu ini terjadi karena banyak hal. Salah satunya mengenai percepatan transformasi digital, baik pemerintahan dan perusahaan di dalam negeri.

CEO PT Solusi Sinergi Digital Tbk (SURGE) Hermansjah Haryono mengatakan bahwa percepatan digitalisasi di Indonesia yang terjadi saat ini merupakan motor pertumbuhan perekonomian Indonesia di masa yang akan datang.

Dengan pembangunan infrastruktur jaringan serat optik yang handal sepanjang jalur kereta, pembangunan Edge Data Center di ratusan lokasi, serta pengembangan ekosistem digital terintegrasi oleh Surge diharapkan mampu memberikan solusi dan manfaat yang optimal bagi seluruh masyarakat Indonesia. (*)

Kredit

Bagikan