Diduga Faktor Cuaca, Helikopter Milik Polri Jatuh di Babel

user
Tomi Sujatmiko 28 November 2022, 12:21 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Polri berhasil menemukan satu jenazah korban Helikopter Polri P-1103 yang jatuh di Perairan Manggar, Kepulauan Bangka Belitung. Kecelakaan itu terjadi diduga disebabkan oleh faktor cuaca.

"Dengan temuan itu kita simpulkan sementara helikopter jatuh karena cuaca di Perairan Manggar Belitung," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Senin (28/11/2022).

Diketahui, helikopter tersebut sempat hilang kontak pada Minggu, 27 November 2022. Adapun pagi ini sekitar pukul 07.58 WIB, tim berhasil menemukan satu jenazah yang diduga salah satu kru dari helikopter tersebut.

Petugas berhasil menemukan korban lantaran pada malam sekitar pukul 20.30 WIB ada nelayan yang mengaku menemukan sandaran kursi helikopter di Perairan Manggar.

"Di dekat pantai. Dengan temuan tersebut fokus pencarian diarahkan di Perairan Manggar Belitung," jelas dia.

Helikopter Polri P-1103 hilang kontak atau lost contact saat mengudara di perairan Kepulauan Bangka Belitung. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyampaikan kronologi hilangnya kontak helikopter tersebut.

"Jadi, awalnya pukul 08.15 WIB, dua unit helikopter take off dari Palangkaraya menuju Pangkalan Bun," kata Ramadhan soal helikopter Polri hilang kontak itu, di Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Dia menuturkan, saat terbang, helikopter dengan data NBO105/P-1103 dinyatakan dalam kondisi laik terbang. Helikopter itu dikemudikan oleh empat orang kru.

Heli kemudian tiba di pangkalan Bun, sekitar pukul 11.00 WIB. Lalu, Helikopter P-1103 kembali melanjutkan penerbangan dengan satu helikopter lainnya, bernomor P-1113 ke tujuan yang sama, yakni Tanjung Pandan.

"Dari pangkalan Bun, jadi dua helikopter tadi dari pangkalan Bun menuju Tanjung Pandan Belitung dalam kondisi layak terbang, setelah sebelumnya mengisi bahan bakar," kata Ramadhan.

HALAMAN

Kredit

Bagikan