Terus Bertambah, Korban Gempa Cianjur Menjadi 323 Orang

user
Danar W 29 November 2022, 04:59 WIB
untitled

Krjogja.com - CIANJUR - Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, jumlah korban meninggal akibat gempa bertambah 2 orang pada hari ke-8 masa penanggulangan bencana gempa di Kabupaten Cianjur. Sehingga total korban jiwa dari bencana tersebut menjadi 323 jiwa.

"Perkembangan hari ini, Basarnas menemukan 2 korban yang tertimbun tanah di Desa Cijedil sehingga meninggal dunia sudah tercatat 323 jiwa. Artinya penambahan hari ini sebanyak 2 jiwa," kata Herman saat jumpa pers daring, Senin (28/11/2022).

Herman melanjutkan, untuk perkembangan data korban hilang saat ini masih ada 9 orang. Dia optimistis, semua korban gempa Cianjur yang hilang dapat ditemukan besok.

"Korban hilang dalam pencarian tinggal 9 jiwa lagi, mudah-mudahan besok bisa ditemukan," ucap dia.

Untuk korban luka berat, lanjut Herman, masih dirawat 108 orang. Korbang luka ringan sudah tertangani semua dan sudah kembali ke rumah masing-masing.

"Kemarin sempat ada yang viral di Rimah Sakit Si Macan dan saya ke sana dan sekarang sudah pulang ke pengungsian bergabung dengan keluarganya," jelas Herman.

Sebagai informasi, mulai hari ini pengendalian kebencanaan alam akibat gempa di Kabupaten Cianjur dialihkan secara estafet ke pemerintah kabupaten. Menurut Herman, secara bertahap nantinya penanggulangan bencana akan dikondisikan oleh Forkopimda setempat.

"Mulai hari ini, hari ke-8 secara bertahap telah diberikan kepada Forkopimda Kabupaten Cianjur. Walau belum 100 persen kami masih perlu bimbingan dan arahan dari BNPB Basarnas dan BMKG," urai Herman.

Dia mengatakan, pihaknya telah berembuk dan dipastikan tidak akan bekerja sendiri-sendiri. Semua terakomodasi dan dibantu oleh Dandim dan Kapolres setempat selaku tim di lapangan.

"Jadi ini Alhamdulilah SK sudah ditandatangani," tandas Herman.(*)

Kredit

Bagikan